Perjalanan chicNcheap Booksstore

22.30


Membuka kembali blog multiply saya yang beralamat www.ten2fifty.multiply.com. Saya menemukan tulisan dengan aplikasi Lilypee, “Ten2fifty Shop Have served you for 1 year, 9 months, 2 weeks & 4 days old”


Berawal dari obrolan seru sore-sore dengan sahabat saya Tannia yang sedang cuti melahirkan. Dia menceritakan ide-ide brilian untuk mencoba “dagang” di internet.

Pembicaraan sore itu terus menggema di kepala. Kepikir-pikir oke juga untuk dicoba. Selama ini di rumah pake speedy yang unlimited bayarnya 200 ribuan, cuma buat dipake yang begitu-gitu aja. Buat buka-buka FB, download youtube atau MP3 atau bahan-bahan ngajar, bisa dibilang ga menghasilkan sama sekali, setidaknya kalo bisa dagang di internet kan lumayan buat nambah-nambahin bayar abodemen Speedy.

Masa-masa merenung, mikir dimulai, mau dagang apa yaaaaa?? Pikir punya pikir akhirnya saya berkesimpulan:
1.     Harus dagang sesuatu yang saya suka supaya menjalaninya semangat
2.     Mulai dengan modal yang sedikit, untung ga usah gede yang penting lancar
3.     pake semua fasilitas pendukung yang dipunya, kalau ga terpaksa banget ga usah beli.
4.     Berani belajar ataupun nanya

Bermodalkan pengetahuan internet yang cekak, duit ngepas, kamera pocket, Macbook OSX, Hp Flexi hadiah ulang tahun dari Tannia, saya pun resmi mulai berjualan baju-baju ala Factory Outlet di internet.

Memilih nama brand ten2fifty dengan konsep awal bahwa baju-baju yang saya jual berharga 10-50 ribu rupiah saja.

Baju pertama yang terjual, dikirim ke Jepara
Semangat 45 saya mulai usaha, belanja baju-baju FO di daerah Kranji (Bekasi yaa bukan di Singapore). Beli patung manekin ukuran setengah badan. Potret-potret, upload-upload dimulai. Mempercantik website dengan liat-liat web orang lain dan tanya-tanya om Gugel untuk mempercantik Blog resmi toko saya.

Hampir 3 minggu kemudian baru ada pembeli. Wah girangnyaaaa bukan main. Pembeli pertama seolah pembuka jalan untuk pembeli lainnya. Saya pun meluaskan promosi melalui Kaskus dan Facebook.

Penjualan baju-baju makin lancar, saya pun diberi modal pinjaman. Bahkan ada pembeli yang dari  luar Pulau Jawa yang tertarik untuk membeli. Wahh senangnya ...

Namun lama-kelamaan saya makin sulit mencari barang dagangan. Pasokan dari Agatha FO makin berkurang, kalaupun ada baju-baju yang oke, harganya mahal sehingga ga mungkin dijual dengan range harga yang dibanderol Ten2fifty Shop.

Buku pertama yang terjual, dikirim ke Palembang

Akhirnya iseng-iseng foto buku-buku sastra bekas kuliah juga koleksi komik dan di-upload, ajaib … tanggapannya bagus sekali. Buku-buku itu lebih cepat laku daripada baju-baju. INI DIA … pikir saya dalam hati

Akhirnya sekarang Ten2Fifty bersalin rupa menjadi Chic N Cheap book store.  Sebagai penggila buku sastra dan komik akhirnya saya merasa menemukan dunia saya di chic n cheap. Dulu berjualan baju membuat saya was-was karena semakin lama dan semakin menumpuk maka harganya akan jatuh, lain halnya dengan buku, makin tua makin antik makin mahal hehhehee ^_^

Logo ChicNCheap yang masih dipakai

Akhirnya seluruh koleksi baju Ten2fifty diborong penjual baju-baju ala FO di KJI, lalu saya makin mengepakkan sayap dengan took buku online.

Memang terasa sulit membagi waktu dengan beban kerja sehari-hari sambil membangun online shop, namun saya merasa ini dunia saya, chic n cheap book adalah rumah saya.  Terkadang buku-buku hasil belanja belum difoto dan belum juga di upload sehingga menumpuk, bagi saya itu bukanlah masalah, karena semua adalah proses. Perjalanan menuju 2 tahun Chic N Cheap Books Store telah mengiringi saya berproses, proses belajar, proses tabah dan proses mencinta

Bukti Pengiriman yang belum juga dibayar oleh "oknum"

Perjalanan Chic N Cheap books juga tidak terlalu mulus, kadang tidak terlalu banyak untung. Ada pula kasus orang yang menipu alamat kirim sehingga ongkir lebih mahal dari yang sudah ia transfer. Pernah ditipu seorang perempuan yang beralamat di Tangerang (tidak perlu saya sebutkan namanya disini, biar saja Tuhan yang membalas kecurangan anda Sist NR), modus operandinya adalah menjadi langganan saya dengan pembayaran dan pemesanan lancar selama 3 kali, setelah itu meminta dikirim dahulu baru membayar dengan alasan belum gajian. Saya percaya karena dia sudah beberapa kali membeli dan lancar-lancar saja pembayarannya, memang srigala berbulu domba, setelah barang dikirim dan sampai, hingga detik ini beum juga dibayar, pake sering sms janji-janji palsu mau bayar dan sebagainya.

Kejadian demi kejadian mengajarkan saya jatuh bangunnya sebuah usaha, karena sejatinya kesuksesan adalah perjalanan panjang pada track yang berliku.

Yang penasaran mau lihat koleksi chic n cheap bisa dilihat di FB dengan ID: ChicNcheap Booksstore atau kunjungi website-nya: www.Ten2Fifty.Multiply.com atau sms langsung ke 021 – 339 39 883
Ditunggu ordernya yaaa (sekalian promosi deeh)   

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images