Talking about Beverages

19.47


Haus .. haus .. yang haus .. yang haus
Pernah dong denger announcement yang begitu menggoda seperti kalimat di atas, apalagi pas bulan puasa tepat jam 12 siang saat matahari bener-bener nyetrum sinarnya. Nah di akhir tahun 2013 ini gue mau nulis-nulis tentang minuman-minuman yang menyegarkan. Cekidot  ...!!!


Sekoteng
Minuman hangat ini paling cocok diminum malem pas udara dingin. Beuh mantab. Awal januari lalu gue sekeluarga jalan ke Lembang dan kita makan (atau minum ya??) sekoteng ini di Jayagiri. Beuuhhh air jahe yang hangat dituang ke dalam mangkuk mini (ukuran mikro malahan kayanya) yang berisi kolang kaling, roti tawar dipotong seukuran dadu, kacang tanah goreng, remukan simping dan bumbu rahasia lainnya (beuuh sebenernya karena ga tau ada apa lagi di dalamnya hehhehehe). Hangat rasanya perut habis minum sekoteng.


Teh Tarik
Teh tarik ini pertama minum waktu ke Malaysia tahun 2011 lalu. Teh yang kental hangat disaring beberapa kali ditambah susu kental. Buat saya teh tarik yang oke itu yang rasa sepat teh masih berasa dan ga terlalu manis. Di Jakarta ini yang mampu nandingin teh tarik di kedai-kedai Malay cuma di QQ kopitiam Mall Kelapa Gading. Saya bisa betah berjam-jam sama teman-teman duduk di sana cuma buat minum teh tarik panas ataupun dingin.



Jus jambu
Jus buah sih emang kedengeran biasa, tapi kalau cara ngolahnya beda plus penyajiannya juga beda, rasanya juga jadi luar biasa. Kalau kita beli jus-jus yang biasa palingan buah ditambah air dan gula diblender terakhir dituangkan ke gelas berisi es batu. Tapi yang paling seger kalau jus buahnya itu diblender bareng2 sama es batunya yang udah diserut. Beuhh kaya es krim.  Segerrr …



Melon strawberry dan Lychee strawberry
Ada resto yang menjual mie ramen di Cibubur Junction namanya 1Ramen, nah selain ramennya yg jempol, minuman disana juga enak-enak. Biasanya setiap makan ramen explosion (yang paling pedes) kami suka pesen dua jenis minuman ini. Sebenernya minuman ini cuma campuran syrup, potongan buah plus sedikit soda. Tapi segernya luar biasa, lumayan ngebasuh tenggorokan yang habis “terbakar” gara-gara nekat makan ramen yang paling pedas.




Hot Chocolate
kalau lagi males ngopi (walaupun saya adalah seorang pecinta kopi dan penggemar pria cerdas … upps :p ) biasanya saya pesen hot chocolate. Kalau lagi main di MOI (Mall of Indonesia) saya dan teman-teman suka duduk-duduk makan di Tea Garden. Sambil makan snack yang enak-enak juga minum hot chocolate.


Teh 63
Sebenarnya ini gerai jualan teh yang biasa aja, tapi punya jenis-jenis teh yang banyak. Dari teh hijau sampai teh hitam, teh mawar sampai teh kundur (sejenis buah kaya timun suri). Produk unggulannya sebenarnya saringan teh yg sederhana tapi useful enak bikin teh pake alat penyaring teh buatan gerai Teh 63 lebih bersih aja hasil saringannya.

alat penyaring teh
secawan teh
Es Kacang Merah
Minuman es asal Palembang ini bisa dibeli kalau makan di warung mpek-mpek.  Kacang merah yang empuk karena direbus berjam-jam berselimut gula merah, es serut dan susu coklat, mantab banget.



Es Doger
Kalau iseng main-main di Taman Surapati, sambil mendengarkan anak-anak kecil bermain biola, dan duduk-duduk santai di bawah rindangnya pohon, paling adem makan es doger ini. Es doger yang isinya lumayan kumplit dan harganya bersahabat. Segelas cuma 5 ribu, tenggorokan adem seketika.



Es Jeruk Kelapa
segarnya jeruk peras ditambah kelapa muda emang paling pol buat temen makan seafood. Paling enak lagi kalau disajikan dengan batok kelapa, beuh segernya ga ketulungan.



Teh Tawar Hangat
ini minuman standar yang dipesan kalau lagi makan tapi lagi flu, sakit tengorokan ataupun lagi bokek (karena paling murah). Tapi buat saya teh tawar yg oke kalau servingnya juga bagus, misalnya pake gelas jadul (gelas bahan stainless dengan motif burik) dengan rasa sepet yang kental. Paling oke sih minum teh hangat di tempat nasi kucing, wangi teko tanah liat ataupun ceret yang diletakan di atas bara api itu ikut terhirup bersama aroma teh tawar.



Es Teh Manis
Senada dengan teh tawar. Es teh manis juga teman makan paling oke. Apalagi kalau takarannya pas. Paling enak lagi kalau gulanya pake gula batu, minumnya dari poci, itu baru pas.

Es Mangga
main ke Bogor, selain jalan Pangrango yang terkenal, kawasan Suryakencana juga bisa jadi tempat makan yang oke. Habis makan soto mie semangkuk, paling seger makan es mangga. Serutan mangga dengan potongan besar diberi es dan air gula, segar dan asam yang berpadu nikmat. Bikin pengen nambah lagi dan bungkus pulang.



Es Goyobod
Ini minuman favorit saya ketika buka puasa saat masih kuliah di bandung dulu, ga nyangka bisa nemu minuman ini di Jakarta, di Pasar minggu. Sebenarnya wujud es ini hampir persis kaya es selendang mayang, yang dah dipatenin merupakan minuman asli betawi. Isinya sebenarnya kaya kue kaya kue pepe warna-warni yang diiris kotak-kotak terus dikasih es dan gula merah.



Es campur
Campuran segala jenis buah-buahan ditambah kolang kaling, cincau hitam, es serut plus susu. Widiih ga ketahanan segernya.



Orange Float
setiap makan di WS (waroeng Steak) saya selalu pesen minuman ini. Segernya air jeruk peres ditambah es krim vanilla di atasnya. Entah kenapa sejauh ini saya belum menemukan orange float semantap di WS. Pernah saya coba di salah satu gerai steak di Mall, rasanya kaya bodrexin digerus terus dikasih air, ga enak deh. Emang orange float yang di WS paling poll.



Nah udahan dulu review minumannya … soalnya jadi haus mau cari minum dulu hhehehhee …

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images