Bakso ... bakso ....

08.38


Abang tukang bakso mari-mari sini aku mau beli. Satu mangkok saja dua ratus perak (jaman sekarang mane dapet neng?) yang banyak baksonya (udah kaga dapet, pake minta banyak baksonya) hehheheehe.


lagu di atas dulu happening  banget jaman masih kecil. Nah sekedar mengenang lagu itu saya mau cerita-cerita soal bakso yang enak-enak di sekitaran rumah atau kantor saya.  Eh ada bonusnya juga looh … ga cuma bakso tapi ada ulasan mie ayam juga. Lengkap kan?


1.     Bakso Malang Yono
warung bakso ini berlokasi di pos lama. Terletak di sebalah kiri jalan sebelum belok ke arah Pinang Ranti. Baksonya enak, lembut. Bakso malang seporsi dijual Rp 12.000 tapi saya lebih suka costumize sendiri porsi bakso saya karena saya suka sekali makan kerupuknya. Juaranya disini adalah bakso tahu dan bakso kasar, siomay nya juga oke. Kalau makan di sini jangan lupa pesan es teh manisnya, rasa manisnya pas dan wangi pandan.




2.     Bakso Pontianak
Warung bakso ini terletak di ruko-ruko perumahan sunter.  Tak seperti bakso Jawa yang kuahnya kental karena bumbu bawang putih ataupun tetelan, kuah bakso Pontianak cenderung bening. Bakso pontianak ini mi putihnya berupa kwetiaw, licin-licin pas mau disendok.  Bakso tahunya pol punya dan wajib dicoba.

kuah bening, mie kwetiaw, kacang kedele goreng dan tahu ukuran raksasa. maknyuuus

Ada satu lagi warung bakso Pontianak yang letaknya tak jauh dari pasar Sunter. Seporsi bakso ini isinya macam-macam, dari jamur kuping, kedelai, pare, otak-otak, fukian dan lainnya. Mie kwetiawnya disajikan di mangkuk yang berbeda, tampilannya seperti mie yamin. Untuk rasa yang beda, bakso ini cukup oke.




3.     Mie Ayam kampung Lembur
ga tau nama lengkap warung mie ayam ini. Letaknya di sebelah kiri jalan sebelum Pinang Ranti Mansion, sebelum pom bensin dari arah Kampung Makasar. Penyajiannya terpisah antara mie ayam dengan kuah yang berisi pangsit rebus. Walau ga menyiapkan pangsit goreng, setidaknya makan di sini sausnya saus belibis yang pastinya lebih baik dibandingkan saus pasar.

sausnya belibis lohh

4.     Mie Roxy
menurut saya ini mie ayam paling pol, baik rasa, penyajian ataupun pelengkap. Saya makan bakmi ini di daerah Cikini dekat Bakoel Koffie, sebelum Planetarium. Mie-nya enak tapi porsinya terlalu banyak. Kuahnya plus isiannya juga lengkap plus lagi ada pangsit goreng. Kalau ga salah harganya juga masih reasonable. Mie ayam ini adalah satu-satunya tandingan mie ayam FPIPS UPI yang menurut saya selalu jadi juara bertahan untuk juara-juaraan mie ayam enak.



5.     Mie ceker Tebet
Kangen Yamin Bandung, tapi ga punya waktu  ke Bandung? Dateng aja ke daerah Tebet dalam, masuk jalan kecil di antara Gelael dan Tebet I-nya Lupa Square (TIS) lurus aja lewatin pasar sedikit. Retoran mie ayam ini cukup eye catching dengan plang besar berwarna hijau. Mie ayam nya sih biasa, cekernya juga cukup enak. Lumayan lah buat ngobatin kangen sama mie ayam di Bandung.





You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images