Zuppa Soup

08.38


Zuppa soup adalah salah satu kudapan dari Negara Spaghetti, Italia. Satu cup creamy soup hangat bertutupkan adonan puff pastry yang mengenyangkan. Tulisan kali ini merupakan review beberapa tempat zuppa soup



1.     Kampung Lembur
di seberang perumahan elite, Pinang Ranti Mansion ada sebuah warung kecil berornamen bambu-bambu yang menjual zuppa soup. Semangkuk atau secangkir zuppa soup yang dibanderol harga Rp 10.000 sangatlah enak dan hangat. Pilihan rasanya ada 3 yaitu zuppa soup ayam, zuppa soup sapi, zuppa soup campuran.  Kalau beli take out ada biaya tambahan seribu aja.




2.     Warung Surabi Imut
akhir desember tahun 2011, gw main ke Bandung dan janjian sama Desi & Fitri. Nostalgila pun dimulai, menyusuri jalan Setiabudi yang emang tempat maen selama jaman kuliah. Akhirnya mampir-mampir ke warung surabi Imut yang pindah ke dekat NHI. Ternyata di sana ada menu zuppa soup juga.  Sup nya lumayan enak, yang bikin kaget adalah adonan puff pastry nya yang cukup banyak, bahkan disajikan luber dari ukuran permukaan mug sup nya jadi lumayan kenyang banget, harganya juga murah cuma 15 ribu, lumayan buat nangkis udara dingin Bandung.



3.     Taman Mini
     Mungkin belum banyak orang yang tau kalau setiap hari minggu, masuk ke Taman Mini cukup bayar 5 ribu aja tapi cuma sampai jam setengah 8. Tiket itu disebut minggu ceria, nah yang bikin ceria lagi, ada pasar dadakan di seberang Taman Burung. Keadaannya sih persisi kaya Gasibu tapi lebih sedikit dan teratur, karena penataan barang-barangnya dibuat melingkari Museum Iptek, jadi semua tenda-tenda bisa dilihat dan disamperin. Ada baju-baju ala Factory Outlet, ada sepatu, tas dan sebagainya. Buat berhemat alias ga mau rugi, sekalian aja masuk Taman Mini dari pagi karena tiketnya murah dan pulang siang setelah puas main di pasar kaget dan keliling anjungan ataupun museum-museum yang ada.
      buat menu sarapan, paling enak makan zuppa soup di sana. Ada sekitar 3 penjual Zuppa soup di kawasan Kayu Gede kuliner, persis di Gangnya stasiun kereta gantung. Rasanya sih enak semua, variannya juga sama yaitu jagung, kepitin, ayam dan sapi. Tapi ada penjual zuppa soup yang menyajikannya dengan unik. Menurut gwe unik karena puff pastry nya bisa dicopot dari permukaan mug, jadi bisa dimakan terpisah, atau bisa disuwir kemudian dimasukan ke dalam sup nya. Well … apapun bentuknya rasanya tetep asyik sihh.

4.     Gasibu
ini dia surga belanja kalau gwe ke Bandung. Dari jaman kuliah sampe sekarang ga akan melewatkan minggu pagi ke Gasibu. Semua ada, semua dijual di Gasibu dengan harga murah meriah.  Di gang samping gedung Telkom menuju jalan puter ada tenda-tenda penjual makanan. Salah satu dari tenda itu ada yang menjual zuppa soup. Soal rasa dan harga sama seperti zuppa soup lainnya yang murah, enak dan hangat.

     2 bulan yang lalu, mama beli sebuah oven toaster, nah kebetulan banget dah lama pengen punya oven karena dah banyak resep yang ngantri buat dimasak pake oven. Salah satu resep yang pengen banget dimasak ya zuppa soup.
     Jumat sore sepulang kerja, gue mampir dulu di supermarket buat belanja bahan-bahan untuk masak zuppa sup. Bahannya sederhana aja, yaitu:

1.     2 pack cream soup dengan rasa sesuai selera. Paling enak yang dari Korea, lebih creamy & berasa kaldunya.
2.     Mentega untuk olesan
3.     Keju parut secukupnya
4.     Puff Pastry yang sudah jadi. Merk Ekado preferable karena murah dan bentuknya lembaran jadi bisa dipotong sesuai ukuran

bahan-bahannya ga banyak


Cara Membuat:

1.     Masak cream soup dengan air sesuai petunjuk di kemasan. Masak hingga mengental


aduk terus hingga mendidih dan kental


2.     Tuangkan cream soup ke dalam cangkir/mug tahan panas dan taburi keju parut


kejunya sesuai selera aja


3.     Potong adonan puff pastry berbentuk kotak dengan ukuran yang muat untuk menutupi permukaan cangkir.



4.     Tutuplah cangkir berisi cream soup dengan adonan puff pastry dan rekatkan ujung-ujungnya.
5.     Olesi permukaan adonan dengan mentega



6.     Panggang di oven dengan suhu 200 C selama 20 menit



7. Setelah dipanggang kurang lebih 20 menit, bahan puff akan mengembang




zuppa soup yang panas enak banget dimakannya, apalagi kalau ditambah bubuk lada dan saus cabai. Selamat Mencoba


inilah dia zuppa soup nya ....
  

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images