Sekolah Victory Plus, School Production: The Lion King

13.08


Lion King at SVP

Suatu catatan kekaguman untuk senior saya Pak Agung.


Saya, Ardi (Scar), pak Agung sang dalang, Ms. Hesty, Salary (ibunya Simba)


Tergabung dalam UKM teater di kampus tercinta (Red: UPI Bandung) ternyata memberi banyak manfaat ke profesi yang gwe jalanin sekarang. Dan sekolah tempat gw mengabdi akan menyelenggarakan School production untuk kedua kalinya.

SVP’s School Production yang pertama berjudul “Mulan” dipentaskan di Teater Tanah Airku TMII. Waktu itu gwe masih guru baru, baru juga sebulan kerja jadi belum bisa bantu banyak. Kemudian 2 tahun berselang sekolah mementaskan lagi sebuah drama berjudul “Lion King”. Diadaptasi dari film kartun produksi Disney yang memang box office pada masa penanyangannya.

cerita yang mengisahkan tentang seekor anak Singa bernama Simba yang terbuang akibat pengkhianatan serta kudeta yang dilakukan oleh Scar pamannya sendiri terhadap ayahnya yang merupakan Raja Hutan. Kemudian waktu berlalu dan kebenaran terungkap, Simba pun berhasil memperoleh kembali hanya. Ceritanya memang penuh intrik dan konflik yang menarik.

Orang yang berjasa besar dibalik pementasan-pementasan dahsyat di Sekolah Victory Plus adalah Pak Agung, lengkapnya FX Agung Handoko. Dengan imajinasi, ide-ide liar, insting dan tangan dinginnya sebagai sutradara sekaligus konseptor pertunjukan maka lahirlah pementasan luar biasa dalam bingkai School Production.

Ia mengemas pementasan berdialog bahasa Inggris itu ke dalam konten budaya lokal. Kostum para pemain akan bernuansa batik tradisional Indonesia. Langkah revolusioner menurut saya karena sepertinya pementasan seperti ini belum pernah ada dan dipentaskan sekolah mana pun juga. Murid-murid juga bersemangat luar biasa, ga pernah mengeluh dengan padatnya tugas sekolah dan jadwal latihan.


Lion King berkostum batik



Tak disangka-sangka banyak murid berbakat yang muncul bagai permata yang siap diasah. Salah satunya adalah James Bintang Panglima (panggilannya Bintang) yang kini makin Berjaya di dunia seni, seusai pementasan Lion King, Bintang pun terpilih menjadi Ikal/Lintang kecil (double caster) pementasan Laskar Pelangi Musikal yang disutradarai langsung oleh Riri Riza dan Mira lesmana. He’s really a bright star in the sky, really proud of him.
murid-murid pasukan singa
Latihan demi latihan, proses produksi yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya berbuah pementasan dahsyat nan memikat yang ternyata tak disangka-sangka adalah kinerja terakhir saya di SVP.

Di hari pementasan saya bertugas sebagai Stage Manager yang bertugas mengatur lancarnya pementasan. Tak sendiri, saya pun bekerja dengan Ms. Hesty, kami dibekali dengan walky talky untuk berkomunikasi mengawasi panggung dari sayap kiri dan sayap kanan.

duet maut ...

Pementasan dengan durasi hampir 2 jam itu tak terasa membosankan, pujian kekaguman ga berhenti mengalir. Bahkan saya pun memuji, ide pak Agung, kerja keras para murid, guru dan juga staf yang betul-betul kompak malam itu.
Salut …

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images