Rekam Suara di Studio

12.58

Ms. Anita, sesama guru di Jubilee punya seorang temen yang punya Studio rekaman di daerah Kelapa Gading. Nah studio itu mengadakan kerja sama dengan lembaga bahasa. Kalau dilihat-lihat sih kaya untuk penelitian dialektologi.


singkat kata, berdasarkan koneksi Ms. Anita akhirnya gue pun bisa mengikuti proses rekaman. Kita hanya membaca beberapa kalimat yang disediakan terus suara direkam dan kita dibayar. Karena penasaran, gue pun semangat ikutan proses rekaman.

Studio rekamannya bagus & nyentrik banget. Namanya artandsoundstudio. Jiwa narsis pun menguat dahsyat. Gue pun foto-foto di atas sebuah sofa yang bermotif tuts piano. Ruangan rekamannya pun “nyeni” banget. Dindingnya bata plesteran ditambah sebuah grand piano hitam terletak manis di sudut ruangan.
tes .. tes .. balonku ada limaa ...
Gue dan ms. Anita pun masuk di ruangan terpisah. eng  .. ing .. eng ... suara gue yang membaca kalimat-kalimat yang agak janggal pun direkam. Kalimatnya tuh aneh-aneh mungkin terjemahan langsung dari bahasa Inggris. Misalnya, ada kalimat begini “yang berbulu lebat yang paling keliatan”. Nah lohh maksudnya bulu ape? Hehheheehehe.

harga kol gepeng, tomat gondol dan cabai kriting stabil ..
Selesai rekaman, kita langsung terima honor 250 ribu, lumayan kan. Ternyata acara rekam-merekam itu ga selesai sampai disana aja, gue pun dapat kesempatan 3 kali lagi untuk rekaman.

pernah suatu hari, gue rekaman untuk dialek daerah. Gue pilih bahasa sunda lah. Yang bikin kaget ternyata contoh rekaman itu adalah project nya orang Jepang. Pada saat itu, gue pun dikenalin sama orang jepangnya langsung. Awalnya agak grogi karena penampilan gue waktu itu cuek banget mau ketemu sama peneliti bahasa kan ga enak. Ehh untungnya si peneliti itu (gue lupa namanya daan gue lupa foto-foto sama die) cuek juga penampilannya. Dia cuma pake celana pendek, sendal dan kaos kucel sambil bawa-bawa ransel. Emang yee anak sastra mau dimana-mana penampilanya standar begitu. Kita ngobrol ngalur ngidul, ajaibnya si Jepang ini ga tau lagu kokoronotomo nya Ayumi Mitsuwa, sementara di Indonesia lagu itu ngehits luar biasa, gue ledekin aja dia “are you sure you’re a Jappanesse?” hehhehe

acara rekam-merekam suara ini pun udah gue lakonin sampai 4x. karena udah pernah ikutan, jadi setiap ada project gue pasti diikutsertakan. Lumayaaan daripada lumanyun

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images