TEATER PART 2 (Peneliti)

20.31


PENELITI

Republik Bagong

Teater yang dibangun dan dibesarkan oleh Pasangan N. Riantiarno dan Ratna Riantiarno ini memang telah lama saya kenal. Namun makin terpesona ketika saya menyaksikan langsung pertunjukannya tahun 2003 berjudul Opera Kecoa di Dago Tea House Bandung. Pementasan yang berlangsung lebih dari 2 jam ini tak membuat penonton merasa bosan dan malah merasa rugi jika harus meninggalkan tempat duduk.


Ketika memasuki akhir studi di UPI, pihak jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia meminta saya (melalui Pak Memen dosen penelitian sastra) untuk menulis skripsi dengan drama sebagai korpusnya baik analisis teks ataupun pertunjukan dengan alasan saya aktif di UKM Teater Kampus. Pada saat itu sebenarnya saya sudah menyiapkan proposal penelitian tentang ramainya tema lesbianisme dalam novel populer tahun 2000an.

Akhirnya tantangan tersebut saya jawab. Segera saya berburu literature untuk menjadi korpus penelitian saya. Pilihan pun jatuh pada teks drama berjudul Republik Bagong.  Pada tahap pengumpulan data saya pun menyambangi rumah sekaligus tempat latihan teater Koma yang ada di daerah Bintaro. Disana saya disambut dengan baik dan boleh mencari sendiri literatur yang dibutuhkan. Teks drama Republik Bagong  dapat mengantar saya meraih gelar Sarjana Sastra di tahun 2005.






You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images