All about sushi

12.43


Menurut Wikipedia, Sushi (, , atau biasanya すし, 寿司?) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Ada beberapa restoran sushi yang sering saya kunjungi bareng teman-teman. Begini ceritanya:


Sushi Tei
Menurut saya Sushi Tei adalah salah satu resto yang menyajikan sushi sebagaimana rupa aslinya di Jepang sana. Biasanya saya sering makan di Sushi Tei Mall Kelapa gading atau di Kota Kasablanka selepas ngegym di Celebrity Fitness.

Biasanya saya dan teman-teman pesan salmon crunchy roll, cuka wakame dan cuka idako atau apapun yang menarik dan berputar di sushi Bar.

Yang seru, kalau ulang tahun, Sushi Tei akan memberikan “Kue Sushi” secara gratis. Ada lilinya pula, jadi kaya birthday wishes gitu. Soal harga memang sedikit lebih mahal disbanding gerai sushi lainnya tapi worthed koq.

birthday sushi

tiup lilinya ...

Rumah Sushi

Kedai yang berlokasi di Kelapa Gading ini bertempat di sebuah rumah. Sajian sushi nya adalah modifikasi, bukan original ala Jepang. Ada sushi yang diberi topping tempe, onion ring dan macam-macam lainnya.






Pengunjung menikmati sushi di area semi outdoor, jadinya ga pengap. Di atap-atap digantungkan kandang burung yang dipercantik dengan anggrek plastik.

ornamen Rumah Sushi
Lucunya ketika kami ke sana, sedang ada shooting Trans7 untuk acara Wollipop. Hostnya pun mewawancarai kami. Owner pun dengan murah hati memberikan beberapa sushi kreasinya dengan cuma-cuma. Rejeki anak soleha itu namanya hehhehehe.


shooting berlangsung

foto bareng hostnya

sushi dengan topping tempe, hadiah dari owner
Sushi Miya81

Nama kedai ini memang agak-agak nyerempet (hanya yang paham yang mengerti ya) saya biasanya datang ke gerai yang berlokasi di Tebet. Sushi ini didirikan oleh beberapa artis antara lain Thomas Nawilis, Dude Herlinno dan lainnya. Boleh googling pendirinya siapa aja.



Seperti Rumah Sushi, Sushi Miya81 menyajikan hidangan sushi yang rasanya sudah disesuaikan dengan lidah anak Jakarta. Maklum saja Tebet kan spot gaul remaja jaman sekarang. Soal harga sih cukup bersahabat kalau tidak bisa dibilang murah sekali.

Sushi Bodo

PT Bocuan gapapa yang katanya berarti ga untung ga apa-apa yang memiliki restoran D’Cost juga tak ketinggalan meluncurkan gerai sushi. Berlokasi di Sunter yang letaknya cuma sepelemparan batu dari Jubilee School membuat kita gampang mendatanginya.


1 piring bisa macam-macam sushi
Lucunya, kita bisa makan sushi ini per potong saja jadi tak usah pesan 1 porsi. Harganya juga cukup murah per piece nya. Soal rasa ya jauh lah dari sushi tei tapi untuk sushi mah bisa termasuk lumayan. Sayangnya jahe merah yang biasanya di kedai sushi lain disajikan menjadi acar segar, di Sushi Bodo disajikan dalam bentuk manisan yang bagi saya cukup merusak rasa karena tidak suka makanan manis.

Ai Sushi

Resto sushi yang berada di Mall Cipinang Indah ini cukup oke dan murah. Rasa juga lumayan. Ada menu small portion yang berisi 4 potong jadi kita bisa mencoba beberapa jenis sushi tanpa takut kekenyangan.




Itu aja sih yang bisa saya review karena belum mencoba sushi di tempat lain antara belum sempat atau denger rekomendasi bahwa tempat ini ga bersih, tempat itu ga enak dan sebagainya. Ke depannya karena sedang mengurangi makan nasi, sepertinya saya bakal jarang makan sushi kecuali ya yang ga ada nasinya.

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images