Dunia Ikan alias Seaworld

19.30

Jalan-jalan ke Ancol sekarang bukan lagi hal yang susah, tinggal naik busway sampai tujuan dan jalan sedikit saja sudah sampai di pesisir pantai. Berkeliling pun tak serepot dahulu, tinggal naik bus wara wiri. Soal makanan juga banyak sekali gerai makanan di sana. Salah satu favorit kami (saya dan geng pemalu) adalah Seaside Suki.

grup pemalu minus Ria

Resto Seaside Suki terletak di samping Bandar Jakarta. Di resto ini bisa makan sukiyaki all you can eat hanya 70 ribuan (tahun 2013). Selesai makan, saya, Nur dan Dinda memang berniat keliling Ancol, ke tempat yang belum pernah kami datangi. Ada dua tempat yang memang belum pernah kami kunjungi yaitu gelanggang samudra dan Seaworld.

Saat itu gelanggang samudra senang direnovasi maka kami terus berjalan kaki dengan maksud membakar kalori yang sudah dimakan selama berada di Seaside Suki tadi hingga sampailah kami di depan gerbang Seaworld.

Membayar tiket masuk sebesar 80 ribu rupiah, maka penjelajahan kami di dunia para ikan  pun dimulai. Dimulai dari aquarium yang memuat ikan besar yang konon dipercaya masyarakat sebagai ikan duyung. Kami juga mampir-mampir di aquarium yang berisi ikan hiu dari yang imut sampai yang agak besar, tapi tak ada yang berukuran sebesar hiu-hiu ganas di film Jaws ataupun Shark.

ikan dugong inilah yang disebut ikan duyung

The Walking Tunnel adalah salah satu Value Point Seaworld dimana kita para pengunjung bisa terpana melihat kanan, kiri serta atas terowongan yang penuh dengan berbagai jenis ikan tanpa repot-repot berjalan karena adanya travelator.

Kami juga melihat pertunjukan memberi makan ikan. Penikmat atraksi tersebut didominasi anak-anak dan orang tuanya. Hanya kami orang dewasa yang ikut heboh disana. Seaworld ini memang tidak terlalu luas tempatnya sehingga kami dengan bahagianya memutari ulang, melihat-lihat koleksi ikan dan juga menyentuh bintang laut di kolam touch pool.

aneka kepiting-kepiting

ikan yang warna-warni

bintang laut asli itu
Kunjungan pun kami akhiri dengan berfoto-foto di souvenir shop dan area pintu masuk Seaworld yang telah sepi. Puas berfoto karena tadi waktu kami baru tiba, di area pintu masuk masih banyak orang yang berfoto di sana.

kerang Jinny oh Jinny

SEAWORLD PART 2

Bulan Mei adalah Bulan Pendidikan, cukup banyak tawaran menarik yang bisa diperoleh oleh para guru dalam rangka apresiasi terhadap para pendidik. Seaworld pun memberikan compliment berupa tiket masuk gratis untuk para guru hanya dengan membawa surat keterangan dari sekolah. Tentu saja saya dan teman-teman di Jubilee tak mau ketinggalan.

Berbekal surat keterangan yang dibuatkan oleh Bernica sang sekretaris, kami pun berangkat di hari Jumat sore. Saya, Fausta, Erika, Michelle, Bernica, Eri dan Marlen berniat mengeksplorasi dunia ikan. Jarak dari sekolah menuju Ancol tidaklah jauh, kami bertujuh naik mobil jeep milik Fausta. Walau Seaworld memberi tiket gratis, namun kami tetap harus membayar gerbang masuk Taman Impian Jaya Ancol yang kala itu hanya sebesar 15 ribu rupiah.

yang manakah tangan saya?
Kali ini alat-alat berfoto pun komplit. Beberapa dari kami bawa kamera SLR, saya bawa kamera digital plus tripod. Wisata kali ini lebih banyak berfoto gaya dibanding eksplorasi ikan. Maklumlah ini kan kesempatan langka, namanya aja gratisan.

Ada sebuah museum kecil yang berada di dalam seaworld. Di dalamnya terdapat beberapa hewan yang pernah menjadi maskot dan diawetkan. Masing-masing kami pun berfoto dengan ikan hiu yang diawetkan disana dengan berbagai pose.

the most epic picture by Eri, nyikat gigi hiu

Puas berkeliling dan berfoto tentu saja, kami pun menyudahi kunjungan. Sesuai rencana semula dan memang sudah lapar, kami makan malam di Seaside Suki. Angin laut malam hari, suara kesiur daun kelapa dan deburan ombak ditambah harumnya kuah tomyam yang dipanaskan dengan arang menyemarakan malam kami. Kami semua pulang dengan perut kekenyangan.