RUNNING MAN

20.18


Pertengahan tahun 2013, saya sering mendapati rekan-rekan saya di ruang guru tertawa ngakak sambil mata menatap laptop dan headphone terpasang di telinga. Setelah ditilik-tilik ternyata mereka sedang asyik menonton serial variety show Korea yang sedang populer yang berjudul Running Man.


Sampai hari dimana saya menulis ini, sudah lebih dari dua tahun saya pun terkena wabah Running Man. Saya jadi punya idola lagi kaya jaman abg dulu, sampai teman saya Albert bilang You are too old to do this” waktu saya memasang tokoh idola saya sebagai wallpaper laptop dan juga handphone saya.

Playlist itunes macbook dan juga hp saya pun kini diselipi lagu-lagu korea, beberapa artis korea yang pernah tampil menjadi guest di Running Man pun akhirnya saya kenal. Bahkan pernah ada siswa dari sekolah lain yang mengambil ujian Bahasa Indonesia di Jubilee kemudian mengangkat topik Running Man untuk menjadi topik speaking test dan terkaget-kaget karena sebagai penguji saya paham benar topik tersebut. Tulisan kali ini akan membahas tentang Running Man dan kegilaan saya.

Running Man (bahasa Korea: 런닝맨) adalah sebuah acara varietas dari Korea Selatan. Pertama kali ditayangkan tanggal 11 Juli 2010 di SBS. Pembawa acara sekaligus pemainnya adalah Yoo Jae Suk. Variety show ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan pertim, dapat 2 tim, 3 tim maupun 4 tim. Kadang seseorang berbuat curang untuk dapat memenangkan permainan, namun Production Team (PD) sering menyatakan bahwa pelanggaran itu tidak sah. Di antara pemain ini, terdapat juga VJ, yang selalu mendamping pemain dalam jalan permainan.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Running_Man




Awalnya saya heran kenapa teman-teman saya koq ketawanya sampai sebegitu hebohnya setiap menonton ternyata tingkah jahil ataupun curang tiap anggota yang menjadi daya tarik utama. Belum lagi ternyata cara atau ungkapan bercanda orang Korea tak jauh berbeda dengan orang Indonesia, ya mungkin karena masih sama-sama Negara Asia. Contohnya ketika karakternya marah, maka akan ada tulisan dengan font kartun dan warna cerah, merah biasanya dan tertulis “boiling … boiling …”  yang dapat diartikan mendidih bukan merebus dong yaa, sama kaya kita kalau marah kan ungkapan yang tepatnya adalah mendidih serta masih banyak lagi kesamaan lainnya.

Kali ini saya mau memperkenalkan member tetap Running Man. Saya dapat datanya dari Wikipedia sehingga bahasanya agak janggal, sebagian lagi hasil observasi saya selama 2 tahun menonton dari episode 1 sampai episode 250an. Mulai dari yang tua kali ya biar sopan.

1.    Ji Suk Jin



Anggota tertua dari pertunjukan dan salah satu teman dekat Yoo Jae Suk, mengenal satu sama lain selama lebih dari 20 tahun. Dia terbukti cemburu dari hubungan baik antara Yoo Jae suk dan Kim Jong kook. Selama misi perlombaan, ia ditampilkan sebagai salah satu anggota terlemah dan adalah yang paling mudah dan paling sering dieliminasi pertama dari pemain, sehingga mudah bagi anggota lain, akan menyatakan bahwa perlombaan telah resmi dimulai setelah eliminasinya.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Running_Man

Menurut saya Om Ji Suk Jin ini anggota yang luar biasa, bayangkan dia sudah berumur 50 tahun sekarang dan masih kuat adu fisik dengan anggota lain yang jauh lebih muda. Sering dibully dan juga dikhianati, tapi dia tetap santai saja. Namun ia pernah menjadi juara di episode ddakji, yang tak pernah disangka oleh yang lain. Kemampuan berbahasa inggris om ini juga termasuk salah satu yang canggih jika dibandingkan anggota lain yang bahasa inggrisnya belepotan. Mungkin karena ketika ia memasuki dunia pertelevisian, ia ingin menjadi news anchor. Dalam beberapa acara Running Man Race Start di beberapa Negara, ia kerap menyanyikan lagu I Swear milik All for One dengan bahasa Inggris yang cukup baik dan clearly pronounce.

2.    Yoo Jae Suk



Pembawa acara utama, Yoo Jae Suk dikenal sebagai Yoo-ruce Willis (유르스 윌리스) selama misi perlombaan mana dia pandai melarikan diri. Nama ini adalah parodi dari Bruce Willis di Die Hard. Dia juga dikenal sebagai Yoo Hyuk (유혁), bertindak sebagai seorang mahasiswa populer yang dapat menari dengan baik. Di The Usual Suspects of Running Man (episode 38), Dia dikenal sebagai Yoo-mes Bond (유임스 본드), dimana ia harus menyamarkan sebagai tamu dan menghilangkan semua anggota dalam Find the Guests. Meskipun awalnya seorang pemain lemah dalam misi perlombaan, ia menjadi salah satu pemain kuat di kemudian hari.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Running_Man

Sering diledek grasshopper karena tubuhnya yang kurus. Dari beberapa sumber, banyak yang mengatakan bahwa YooJae Suk adalah orang yang bekerja keras dan rendah hati. Ia salah satu pemain kuat di Running Man, kecepatannya berlari juga lumayan. Kadang ia juga sering dikhianati dan dibohongi oleh pemain lainnya. Dikenal sebagai orang yang cerewet dan jahil membuat ia selalu tampil ceria. Ada sebuah episode dimana ia harus menggunakan Lie detector yang dipasangkan di tubuhnya dan ia ditanya apakah pernah merasa menjadi MC terbaik dan ia menjawab tidak pernah menjadi bukti bahwa ia benar-benar rendah hati karena hasil mesin lie detector menyatakan ia tidak berbohong. Ia juga muncul di video klip gangnam style dengan baju kuning yang ketat.

3.    Kim Jong Kook


Orang terkuat di acara ini, ia dikenal sebagai Sparta-kook (스파르타국스) dan Commander (능력자) untuk keahliannya dalam menangkap orang lain selama misi perlombaan, penampilan mendadak dan menunjukkan kekuatan biasanya disertai dengan ucapan "Sparta!" diambil dari film 300. Taktik cerdasnya sering berhasil untuk menghilangkan anggota lain dan sebagai hasilnya, ia dikenal karena memiliki kedua otak dan otot. Dia kerap kali juga ditampilkan untuk bertindak lucu dan memamerkan "aegyo" nya. Hanya kelemahan nyatanya adalah wanita dan ia sering diejek karena memiliki hubungan khusus terhadap Yoon Eun-hye.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Running_Man

Ini dia idola saya, Kim Jong Kook oppa tercinta. Mulai jatuh cinta semenjak episode 3 dimana ada lomba antar grup yang mengakumulasi jumlah ketinggian tiap anggota meloncat dari papan loncat indah. Sebagai orang yang paling kuat, ia ditempatkan sebagai peloncat terakhir. Papan loncat tertinggi adalah dari ketinggian 10M, dan tanpa banyak bicara ia meloncat dari ketinggian tersebut sehingga membawa kelompoknya meraih kemenangan. Saya bahkan punya potongan episode itu di dalam hp saya, walau hp sudah berganti film pendek itu tetap ada.

Oppa adalah cowo yang pintar, kuat dan sopan pada perempuan. Badannya luar biasa bagus, hasil binaan bertahun-tahun di Gym dan ia bercita-cita ingin punya Gym sendiri, agak mengherankan menurut saya karena kalau artis selevel dia di Indonesia pasti sudah punya tempat Gym sebanyak yang ia mau, atau mungkin prosedur membuat usaha di Korea tidaklah mudah birokrasinya.

Yang mengagetkan, oppa adalah seorang penyanyi. Lucunya lagi lagu-lagu yang ia nyanyikan sangat lembut, easy listening dan mellow, jauh betul dari karakternya di Running Man. Awalnya saya mengira dia itu atlet. Oppa juga dulunya adalah artis 90an yang sangat beken di negaranya, ia adalah anggota duet maut Turbo.

KJK with YEH
salah satu game di Xman
Sayangnya oppa ini adalah cowo yang tak mampu move on level akut sama kaya saya. Bayangkan dia digosipkan punya affair dengan Yoon Eun Hye karena acara Xman tahun 2005, 10 tahun berlalu di acara Healing Camp ia masih memilih Yoon Eun Hye sebagai tipe idealnya. Oppa juga sering grogi dan blushy kalau diledek oleh anggota RM yang lain atau juga jika anggota RM menyebut-nyebut nama Yoon Eun Hye.

4.    Kang Gary


Tampil sebagai salah satu "variety rookies" bersama Lee Kwang-soo, dia sering mudah tertipu oleh orang lain. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari acara bersama Song Ji-hyo. Meskipun terkadang sering tak mengerti, ia ditampilkan cukup kuat selama misi lomba bahkan berhasil memenangkan kedua misi lomba khusus untuk menemukan Running Man Terbaik dan memenangkan perjalanan ke Eropa.

Gary adalah idola kedua setelah Jong Kook oppa, profesinya adalah rapper. Ia adalah bagian dari duet Leesang. Wajahnya yang polos ga bisa bohong, belum lagi ia sering mengeluarkan kalimat-kalimat agak “nyastra”. Lagu-lagu yang ia tulis pun bagus syairnya, punya makna dalam.

Selain kemampuannya berbahasa “nyastra” ia menarik karena mempertontonkan cinta platoniknya pada Song Ji Hyo sehingga akhirnya mereka berdua disebut Monday couple. Awalnya Song Ji Hyo yang ogah-ogahan sampai sekarang mereka seperti tak terpisahkan. Banyak orang atau hampir semua fans berat Running Man berharap Gary – Ji Hyo beneran jadi pasangan alias menikah.

hebohnya ep. 163 ketika Gary mencium Jihyo
5.    Ha Dong Hoon (Haha)


Ha-ha biasanya diambil oleh anggota lain. Ia dikenal sebagai Ha-roro (하로로) karena penampilannya serupa dengan Pororo the Little Penguin. Selama misi perlombaan, ia disebut sebagai Ha-rad Pitt (하래드 피트), yang merupakan parodi dari Brad Pitt. Dia juga memiliki kecenderungan untuk merasa seolah-olah ia adalah pemimpin utama dalam sebuah film yang dibuat oleh imajinasinya. Ketika sesuatu tidak berjalan jalan, dia bulu mata keluar secara verbal, menyebabkan tawa besar di antara para pemain. Dia juga pemain playboy, seperti yang selalu mengaku cintanya untuk tamu perempuan.

Putra novelis ternama di Korea ini dilahirkan di Jerman, namun tak berarti ia memiliki penguasaan bahasa asing yang baik. Tingkahnya yang kekanakan lucu dan kadang menyebalkan. Ia juga sering memperdaya Kim Jong Kook, tapi selalu dimaafkan. Ia adalah penyanyi yang ngefans berat pada Bob Marley yang terkenal dengan musik regge. Seringkali diledek karena ia pendek. Ia sering diajak Kim Jong Kook untuk konser manca Negara, karena Haha punya kemampuan cukup baik sebagai rapper.

6.    Song Ji Hyo


Satu-satunya anggota wanita dalam acara, Song Ji-hyo dikenal sebagai Song Ji-yok (송지욕), dimana "yok" berarti "bersumpah", karena "kata-kata buruk"nya terhadap beberapa anggota seperti Lee Kwang Soo dan Haha. Dia juga dikenal sebagai Mong Ji-hyo (멍지효), dimana "mong" berarti "bingung (blank)", karena ekspresi wajah yang membuat dia tampak bingung. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari pertunjukan bersama Gary. Serta, dia disebut sebagai Ace (에이스) karena kemampuannya dalam penangkapan serta kecerdasan yang sebanding dengan Kim Jong-kook.

Satu-satunya angggota RM yang cantik, ia tak malu tampil tanpa make up, beda dengan artis Korea lainnya yang make up nya kaya dempul. Cintanya Kang Gary, dan sekarang sepertinya tak bisa lepas dari pesona rapper nyastra tersebut. Sebagai artis, Song Ji Hyo telah membintangi beberapa film, sinetron dan iklan.


7.    Lee Kwang Soo

The Asia Prince
Anggota termuda dan tertinggi dari para pemain dan awalnya diperkenalkan bersama Gary dan Song Joong-ki sebagai salah satu "variety rookies" karena kurangnya pengalaman di berbagai pertunjukan sebelum Running Man. Selama episode sebelumnya ia dikenal untuk membingkai sesama anggota dengan rumor memalukan dan sering tidak masuk akal. Ia sering diejek oleh sisa pemain, terutama Kim Jong-kook, karena sifat pemalu nya serta penampilan mirip dengan spesies Na'vi di Avatar. Dia adalah salah satu pemain paling lemah dalam perlombaan dan salah satu yang pertama dieliminasi selama misi lomba. Namun, ia telah berkembang menjadi mudah mengkhianati sesama anggota tanpa keprihatinan.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Running_Man

The Asia Prince itu julukannya Lee Kwang Soo, karena setiap Running Man tour kemanapun, namanya yang paling banyak diteriakan oleh para fans. Dikenal dengan entrance music yang khas, dan selalu berakhir dengan ketidak beruntungan.

Running Man has made me crazy

Kegilaan saya terhadap Running Man tak hanya dengan mendownload episode ataupun fancam mereka di youtube ataupun mengoleksi dvdnya, saya juga iseng membuat jaket seperti yang ada di episode 74. Varsity Jacket ini saya pesan di Bandung dan costumize sendiri warnanya.

Kim Jong Kook the Commander

ceritanya Name tag ripping
Terinspirasi dari jaket yang dipakai Kang Gary di episode itu tapi warna birunya saya bedakan. Untuk tag nama yang di punggung tentu saja nama Kim Jong Kook. Jaket itu masih sering saya pakai kemana-mana sampai sekarang.

Pengen sih beli barang-barang lain yang identik dengan Running Man tapi sampai sekarang belum ada yang cocok lagi. Desain kaos yang beredar di internet pun masih biasa, topi juga terlalu mahal untuk ukuran snapback kw.

You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images