Infused Water

13.33


Suatu siang yang cerah di Ruang guru Jubilee School sedang terjadi kehebohan. Kami sedang heboh membeli drinking jar yang lucu dan sedang hits dipakai untuk suguhan minuman di beberapa kopitiam. Kebetulan foto iklan drinking jar yang dipajang di instagram tersebut benar-benar terlihat segar dengan isian air dingin yang berisi potongan buah-buahan. dari sana lah kami mengenal istilah infuse water.


Maka acara membeli lemon pun dimulai, akibatnya kulkas di pantry pun disesaki gelas-gelas para guru yang sedang keranjingan membuat infuse water nan menyegarkan tersebut. Saya biasa minum infuse water tiap istirahat kedua. Jam 12 siang saat panas terik, membuka gelas air yang harum lemon sungguh menyegarkan.


Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan.

Biasanya setiap pagi, begitu sampai di sekolah saya langsung membuat infuse water di pantry. Saya sering menyimpan buah-buahan di kulkas yang ada di sekolah. Yang paling sering sih saya membuat infuse water dengan tambahan potongan lemon. Rasa dingin dan asam segar sekali diminum untuk menghilangkan penat.


Berikut adalah beberapa resep dan kegunaan infuse water yang saya rangkum dari beberapa sumber:

Buah-buahan yang sering digunakan dalam infused water adalah buah kategori acid / asam, dan bukan buah yang manis, seperti: buah kiwi, lemon, strawberry, jeruk nipis, anggur, apel, blueberry, dan sebagainya.
Berikut adalah beberapa manfaat infused water berdasarkan kombinasi aneka buah yang digunakan:
1.    Stroberi dan kiwi
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.
2.    Teh hijau, daun mint, jeruk nipis
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.
3.    Timun, jeruk nipis, lemon
Bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.
4.    Lemon dan jeruk nipis
Manfaatnya sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
Sebelum membuat infused water ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain kebersihan botol dan buah-buahan yang akan digunakan. Pastikan botol yang digunakan benar-benar bersih, demikian pula dengan buah-buahannya.  Buah-buahan harus dicuci bersih terlebih dulu dan pastikan tidak mengandung pestisida dan zat kimia lainnya yang dapat membahayakan tubuh.
Cara Membuat Infused Water
1.    Pilih buah apa yg akan dimasukkan dalam air.
2.    Cuci bersih buah-buahan dengan air mengalir. Potong menjadi dua untuk buah-buah kecil seperti anggur, strawberry, dan sesuaikan untuk buah yang lebih besar
3.    Tambahkan air masak kurang lebih 500 ml. Masukkan buah ke dalam wadah yang steril, lalu tutup rapat, ingat jangan ditambah gula atau sirup.
4.    Simpan di lemari es kurang lebih 2 jam agar sari-sari buahnya melarut.
5.    Infused water siap untuk diminum.
6.    Jika airnya telah habis dapat diisi ulang dengan buah yang sama, atau lebih baik lagi jika buahnya diganti dengan potongan buah yang baru, sebab buah mudah teroksidasi dan mengalami pembusukan kalau disimpan terlalu lama (diatas 8 jam)
Meski infused water ini sedang digandrungi, tetap lebih baik mengkonsumsi buah-buahan segar untuk mencukupi kebutuhan serat dan vitamin yang terkandung di dalam buah dan kulitnya. Air infus bisa menjadi solusi untuk mencegah dehidrasi yang sering dialami oleh mereka yang tidak suka minum air putih, dan menjadi variasi dalam meminum air putih bagi sebagian orang. Jadi, tetap lebih baik mengkonsumsi buah secara langsung karena vitamin dan manfaatnya yang masih utuh.
sumber: http://www.jendela-alam.com/infused-water.html




You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images