Experiencing Diet, 1st Part

22.22






“Yunita … ihh kurusan”


Akhir-akhir ini saya sering mendengar kalimat ini. Geer? Ya tentu saja. Tapi dibalik omongan atau mari kita sebut pujian ini ada kerja keras saya selama satu tahun. Saya mulai diet akhir mei tahun 2015, sampai hari saya menulis cerita ini bobot saya sudah berkurang sebanyak kurang lebih 17 kilogram. Senang? Sudah tentu.

Saya memutuskan diet lebih ke arah keinginan hidup lebih sehat mengingat riwayat keluarga yang punya penyakit degeneratif, diabetes. Kalau tidak segera saya mulai kapan lagi.

Saya gemuk sedari kecil, sebenarnya makan saya biasa saja ga dengan porsi tumpeng, tapi saya suka ngemil dan ga begitu sering olahraga. Saya sudah mencoba berbagai macam diet namun ga pernah berhasil, pernah juga satu tahun ngegym di Celebrity fitness Kota Kasablanka. Jadi sebenernya kuncinya kembali ke diri saya, seperti apa yang nyaman.

Saya menyebutnya “Healthy Diet, Happy Cheating and a little bit exercise”. Dan saya akan sangat senang sekali kalau seandainya tulisan ini mampu menjadi motivasi bagi pembacanya.

Saya sadar perjuangan saya masih jauh menuju ideal namun sekali lagi this is the most successful diet I’ve ever been. Kepanjangan ya prolognya, baiklah segera dimulai

Diet Mayo

Apakah anda sudah tahu apa itu diet mayo? Bagi anda yang belum tahu dengan diet mayo, saya berikan penjelasan sedikit tentang diet ini ya. Mayo diet wikipedia merupakan program diet yang di gagas oleh Mayo Clinic's USA dengan metode diet mayo diet tanpa garam yang dilakukan 13 hari tidak makan garam atau makanan yang mengandung rasa asin.
sumber: https://drozindonesiatranstv.blogspot.co.id/2014/10/dr-oz-resep-menu-diet-mayo-ala-indonesia.html

Semua berawal dari artikel tentang diet mayo yang kami baca di ruangan kerja beramai-ramai. Kami pun para guru perempuan bertekad diet mayo ramai-ramai, sebagai latihan kami mulai dengan membuat menu makan siang sehat. Kami meminta tolong Mbak Mul, salah satu penjual di kantin sekolah untuk memasak menu sehat tanpa garam dan digoreng dengan minyak zaitun. Saya pun menyusun menu sehat. Hari pertama kami makan sehat dengan menu kentang rebus, bayam dan labu siam serta ayam rebus. Banyak yang meringis mengingat makanan ini disajikan tanpa rasa. Akhirnya esok hari beberapa orang berguguran, kembali ke selera asal alias makan seperti biasa. Cuma beberapa orang termasuk saya yang masih bertahan.





Akhirnya hari senin tanggal 25 Mei 2015 saya bertekad memulai diet mayo, harus berhasil kali ini jangan sampai gagal. Diet mayo tidak boleh cheating selama 13 hari, karena kalau cheat harus ulang dari awal lagi.

Perjalanan 13 hari makan dengan menu yang ditentukan dan makanan tanpa garam serta ga bisa ngopi enak selama 2 minggu pun ditentukan hari itu. Ini acuan saya dalam diet mayo, sayangnya HP saya ASUS Zenfone 5 rusak tanpa sempat saya transfer foto-foto menu diet masakan saya.

Sebagai persiapan, saya belanja beberapa bahan makanan sesuai menu diet mayo. Saya memilih untuk masak sendiri walaupun banyak penyedia jasa katering diet mayo namun harga yang ditawarkan sangat fantastis kisaran jutaan rupiah. Pada saat itu saya berpikir mungkin ke depannya bisa juga dijadikan usaha untuk katering diet mayo. Bahkan demi kesuksesan diet mayo, saya sampai beli wajan kecil anti lengket supaya terpisah dengan wajan milik mama.

Saya juga membeli mentega non salt, minyak zaitun juga membuat sambal yang saya tumis dengan minyak zaitun dan disimpan di toples. sebagai pelengkap saya juga membuat bumbu putih yang berupa ulekan bawang merah, bawang putih dan merica tanpa garam untuk bumbu tumis, sup ataupun  marinade.

Ketika menulis ini, saya pun jadi terinspirasi untuk diet mayo lagi. Diet Mayo Part 2 saya berlangsung dari tanggal 26 Juli hingga 5 Agustus 2016, niatnya saya menemani sekaligus memotivasi sepupu saya yang menikah tanggal 6 Agustus. Karena terbatasnya waktu, diet mayo part 2 hanya berlangsung 12 hari dan itupun gagal di hari ke 12. Sebenarnya di hari ke sebelas saya sudah agak ga enak badan karena perubahan cuaca dan juga beberapa murid yang sering batuk di kelas membuat saya jadi ikut-ikutan batuk. Diperparah lagi hari jumat tanggal 5 Agustus itu rapat hingga sore hari dan saya yang biasanya sudah masak juga makan jam 5an, hari itu masih terjebak di dalam busway. Jadi saya gagalkan diet mayo tepat sore hari di hari ke 12, sayang sih tapi mau bagaimana.

Menu Diet Mayo Hari ke 1 dan Hari ke 8 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang : 2 telur rebus  matang + 1 ikat bayam + tomat
Malam : 1,5 ons bistik panggang/rebus + selada yang ditaburi jeruk citrun

Hari pertama dan kedelapan diet mayo saya mengawali pagi dengan minum teh tubruk tanpa gula. Untuk makan siang saya ikuti persis sesuai dengan menu yaitu telur rebus dengan bayam. Untuk makan sore (saya makan terakhir jam 6) hari pertama saya membuat patty burger dari daging cincang kemudian dipanggang. Untuk makan malam hari kedelapan, saya membuat sate lilit dari daging sapi yang dililitkan ke batang serai. Bumbunya hanya ulekan merica dan bawang, mengingat garam tidak boleh digunakan. saat diet mayo part 2, saya merebus telur dengan dimodifikasi layaknya telur dadar dan hanya memanggang daging steak untuk dinner


lunch day 1
dinner day 1


Menu Diet Mayo Hari ke 2 dan Hari ke 9 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang : 1,5 ons bistik panggang/rebus + selada + 1 buah segar (pear)
Malam : 2,5 ons ayam kukus + 1 buah pisang

Hari kedua dan kesembilan saya bangun lebih pagi untuk menyiapkan makan siang. Paling mudah ya bikin patty lagi, repot karena dagingnya pada copot-copotan. Sarapan pagi pun hanya teh tawar. Sorenya saya membuat ayam rebus. untuk diet mayo part 2, lunch nya saya membuat panggang daging yang saya iris tipis-tipis.


lunch day 2. panggang daging, selada lettuce

dinner day 2, ayam rebu dan pisang serta sambal

Menu Diet Mayo Hari ke 3 dan Hari ke 10 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang : 2 telur rebus  matang + 1 ikat bayam + tomat + pear
Malam : 2,5 ons ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk citrun

Hari ketiga diet mulai dihinggapi rasa mual, saya cuma bisa duduk diam di ruangan karena makan siang telur rebus mulai membuat mual. Makan sore ayam kukus terasa lebih segar karena ditemani selada asam segar. Hari kedelapan pun rasa jenuh diet saya makin tinggi dengan menu tersebut tapi perjuangan masih harus lanjut.

lunch day 3

dinner day 3

Menu Diet Mayo Hari ke 4 dan Hari ke 11 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar
Siang : 1 telur rebus + wortel rebus sebentar + keju trim 20 gr  (di gelael)
Malam : 1 mangkok penuh pepaya + citrun + 1 gelas susu non fat

Sarapan di diet hari keempat agak sedikit berselera karena tak hanya segelas air teh tawar namun kali ini bisa menyantap roti. Saya pilih whole wheat bread yang masih ada biji gandumnya, dan dipanggang dengan olesan mentega tawar. Lumayan berselera. Makan siang pun sesuai menu diet mayo. sorenya segar makan pepaya dengan peresan jeruk lemon.

breakfast. roti bakar dan teh bunga

wortel dan telur rebus ditambah keju cheddar

susu dan pepaya

Menu Diet Mayo Hari ke 5 dan ke 12 :
Pagi : 1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk citrun
Siang : 2,5 ons ayam kukus dengan sedikit saus mentega yg tidak asin
Malam : 2,5 ons bistik panggang/rebus + selada + bayam

Hari kelima diet saya senang aja makan wortel yang segar, makan siang pun saya buat dari ayam cincang yang dikukus. Malamnya saya buat bakso-baksoan, dengan bumbu merica dan bawang putih keprek. Lumayan enak.

untuk diet mayo part 2, saya membuat sup ayam yang sayangnya gagal enak karena sudah tidak hangat dan ayamnya masih keras karena saya ambilnya bagian dada banyak serat. untuk dinner saya masak tumis bayam daging cincang.


breakfast. wortel serut dan teh krisan

lunch, sup ayam gagal
tumis bayam daging cincang untuk dinner

Menu Diet Mayo Hari ke 6 dan Hari ke 13 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar
Siang : 2,5 ons ayam kukus + selada ditaburi jeruk citrun
Malam : 2 telur rebus + wortel besar parut mentah ditaburi citrun
breakfast, roti panggang dan teh

lunch, panggang ayam dan selada lemon

dinner, telur dadar rebus plus wortel parut


Menu Diet Mayo Hari ke 7 :
Pagi : 1 cangkir kopi tubruk/tea tanpa gula
Siang : 1,5 ons bistik panggang+ 1 buah segar (pear)
Malam : 2 telur rebus matang + 2 bh pisang

lunch, daging sapinya saya buat jadi sup

dinner, telurnya saya dadar dan panggang tanpa minyak

Pada hari ke-14, Anda bisa mulai lagi mengkonsumsi menu makanan yang biasa dimakan. Namun sebaiknya mengurangi beberapa menu makanan yang banyak mengandung gula dan lemak.


ini adalah acuan diet mayo standar. Namun saya banyak kreasikan biar ga bosan makannya. Intinya sehabis diet mayo jangan langung hura-hura tapi tetap dijaga. Ketika selesai diet mayo semua makanan akan terasa sangat asin dan gurih.

You Might Also Like

2 comments

  1. Miss Yun, terima kasih sudah share resep diet Mayo ini. Sangat berguna. Semoga Miss Yun sehat selalu.

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images