Beat The Challenge

15.08

A stepping stone for the next #30dayswritingchallengejlid5

30 Days Writing Challenge adalah program tantangan menulis selama 30 hari tanpa jeda. Program pelatihan menulis ini terbilang unik, karena sebagai penulis kita diminta untuk menulis setiap hari dengan batasan waktu. Tulisan dapat ditampilkan di sosial media yang dipilih oleh penulis.


Yang bikin seru lagi adalah istilah-istilah yang digunakan dalam program ini. Para penulis disebut Fighter yang akan dikelompokkan dalam setiap kelompok kecil yang disebut Squad. Setiap Squad dipimpin oleh seorang Guardian. Para Guardian akan mengumpulkan link tulisan tiap Fighter untuk selanjutnya diserahkan kepada Controller. Rasa-rasanya seperti terlibat dalam film Starwars.

Lalu bagaimana caranya bisa tetap konsisten menulis selama tiga puluh hari? Here are some ideas I’d like to share.

1. Make a list
Buatlah sebuah tabel sederhana berisi rencana penulisan dari hari kesatu hingga ketigapuluh. Fungsi tabel ini seperti sketsa seorang pelukis. Pada saat menulis, urutan tidaklah harus sesuai pada tabel, disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penulis. Berikut contoh tabel sederhana yang pernah saya buat.

Hari

Tema/ide
detail
satu
Kunjungan ke Baduy
Dari persiapan hingga perjalanan menuju camp dan jalur pulang
dua





2. Prepare a small note
Kadang ide menulis sering muncul tak terduga, maka dari itu siapkan notes kecil untuk mencatat ide-ide tersebut dalam bentuk poin sehingga bisa segera dituangkan menjadi teks utuh. Jika merasa repot membawa notes kecil, maka gunakanlah aplikasi note pada telepon seluler

3. Be consistent
Konsisten pada ide awal atau pada list yang sudah dibuat. Kadang kita sering menambahkan ide-ide lain saat menuliskan teks utuh. Konsisten diperlukan agar teks betul-betul rampung karena sering terjadi teks tidak rampung akibat berlebihan ide.

4. Act like a Photographer
Punya telepon seluler canggih dilengkapi dengan kamera sekian puluh pixel tentu berguna sebagai ide menulis. Biasakan dengan memotret kondisi sosial atau apapun yang terlihat menarik. Simpan di galeri ponsel dalam folder berjudul “inspirasi menulis” niscaya suatu hari pasti berguna.

5. Challenge yourself more
Jangan terlalu lama berada di comfort zone dalam menulis. Kadang kita terjebak menulis sesuatu yang kita sukai, atau menulis yang kita bisa dan anggap mudah saja. Sesekali boleh lah menulis dengan genre lainnya, meskipun hasilnya masih kurang, namun di sana kita dapat belajar lagi.

6. Read or Watch more
Membaca atau menonton dapat mengembangkan imajinasi kita lebih lagi. Buku dan film yang menyenangkan akan memberi stimulus agar kita mampu memproduksi tulisan.

7. Open minded
Sebarkan tulisan di sosial media manapun, kemudian mintalah pendapat terutama pada teman-teman yang paham benar tentang kepenulisan ataupun dari kalangan akademisi (guru atau dosen yang dikenal).

Demikianlah kiat yang sedang saya lakukan, semoga bisa bermanfaat.

#30dayswritingchallenge
#30dwcjilid5
#dwcday1

You Might Also Like

3 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images