Kopdar Perdana Backpacker Jakarta RT 29

15.53


Welcome my new Friend, a new family of mine …

Udara segar, kesiur angin menyambut langkah-langkah kaki memasuki kawasan taman Catelya. Siapa sangka di tengah meriahnya Jakarta tersembunyi ruang terbuka yang tertata cantik, bagai sekuntum teratai yang merekah di “kolam” gedung tinggi menjulang.




Rumput-rumput menghijau serta pepohonan teduh menjadikan Taman Catelya ini lokasi yang cocok sebagai tempat pertemuan pertama kami sebagai keluarga baru Backpacker Jakarta RT 29. Pertemuan pertama yang disebut Kopdar satu ini memang ditunggu-tunggu semenjak satu bulan lalu dimana RT 29 pertama diresmikan. Mereka bilang “Pertemuan pertama biasanya penuh kesan”



Sesuai obrolan hangat yang biasa ramai menjelang jam 12 malam, sudah ada perjanjian siapa bawa apa demi memeriahkan kopdar perdana ini. Satu persatu penghuni RT 29 dari berbagai penjuru berdatangan. Bahkan Gatot yang terkenal dengan topi yang bertuliskan “Pala Lu Peyang” yang baru saja turun gunung hadir lengkap dengan carierl-nya.

Mengambil tempat persis di bawah pohon yang teduh, flysheet digelar, hammock dipasang. Aroma kopi menguar di antara canda tawa yang mengawali perkenalan penghuni RT 29 Backpacker Jakarta. Penghuni RT ini memang didominasi kaum Adam yang herannya cukup cekatan memasak dan membuat kopi. Saya pun kemudian ikut-ikutan sibuk memasak.






Jam sepuluh, matahari menyembul malu-malu turut membuka acara kopdar perdana. Perkenalan diawali oleh pengurus yaitu Ramdhan sebagai Pak RT dan Dian sebagai Bu RT, disusul oleh Dejofez yang merupakan admin official instagram account BPJ29. Sesi perkenalan pun berlanjut memberi kesan bahwa penguhuni RT 29 menyatukan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dari pelajar, mahasiswa, pekerja hingga ibu rumah tangga pun ada, semua lengkap dan semua bersahabat. Selain penghuni RT, beberapa admin pun turut hadir meramaikan kopdar perdana RT 29 ini.




What Backpacker Jakarta is …?
Backpacker Jakarta (disingkat BPJ) resminya didirikan oleh Edi M Yamin 4 tahun lalu, komunitas yang menampung penggiat jalan-jalan yang di masa kini disebut travelling. Lalu apa istimewanya BPJ dibandingkan komunitas sejenis?

Kekeluargaan
Di BPJ, terdapat grup komunikasi melalui aplikasi whatsapp yang menampung 100 orang anggota yang dikelompokkan dengan sebutan RT.  Saat ini sudah ada 31 RT, yang berarti anggota BPJ secara resmi sudah mencapai 3 ribu orang. Setiap RT akan diketuai oleh dua orang admin yang dipanggil Pak RT dan Bu RT yang berkewajiban mengkoordinir anggotanya.


Keluarga Backpacker Jakarta RT 29







Sharing Cost
Semua acara trip di BPJ dikelola oleh dua orang CP yang siap mengondisikan peserta yang berminat pada trip mereka. Biaya dipastikan murah meriah karena sistem sharing cost atau patungan. Saat saya meulis ini, minggu depan saya akan ikut trip ke Kudus (25-27 Agustus 2017) yang akan menjadi trip perdana saya dengan BPJ.

Club for your talent
Anggota BPJ yang punya segudang minat dan bakat pun difasilitasi dengan baik. Ada klub basket, klub lari, klub renang, klub Jelajah Masjid, klub Be the Light (untuk yang beragama Kristen), Klub touring, klub badminton, klub fotografi, klub talent (tari, akting, nyanyi dll), klub fotografi, klub sejarah dan museum, serta klub buku dan blogger. Semuanya menarik untuk diikuti. Saya bergabung dengan klub buku dan belum lama ini mengikuti kopdar di perpustakaan Jakarta Selatan.

My Expectations
Saya menantikan pengalaman-pengalaman seru yang berkaitan dengan kegemaran jalan-jalan juga menulis dengan bergabungnya saya di BPJ. Hingga artikel ini ditulis, RT saya sudah melewati acara Kopdar Mix yaitu pertemuan gabungan dengan beberapa RT lain serta persiapan ulang tahun BPJ keempat yang rencananya berupa kemping akbar dengan tema Pesona Indonesia

Really can’t wait for lots of amazing experiences




You Might Also Like

0 comments

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images