Tjikini: Kuliner, Cinta dan Nostalgia

22.04


Nostalgia Kuliner Cikini

Salah satu "oleh-oleh" hadir di gelaran temu asik yang diselenggarakan oleh ID Corners dengan Mas Farid sebagai narasumber yaitu sejarah jalan Cikini tempo doeloe. Ceritanya bisa dibaca di sini. 


Penduduk Jakarta pasti tak asing dengan Kawasan Cikini. Kawasan yang terkenal sebagai pusat sejarah, Pendidikan, kesenian bahkan kuliner semenjak zaman Belanda. Gedung-gedung kuno pun masih berjajar manis di Kawasan Cikini, tak terlihat canggung di antara mewahnya gedung kekinian.

Saya biasanya menghabiskan waktu di Cikini mengunjungi kedai-kedai kopi ataupun menyaksikan acara kesenian di Taman Ismail Marzuki, misalnya konser musik.

Nah, tulisan saya kali ini akan membahas dua kuliner legendaris di Cikini plus satu bonus kuliner murah meriah menyenangkan.

Gado-gado Bonbin
Rumah makan legendaris yang menjual gado-gado dan asinan semenjak tahun 1960. Dinamakan gado-gado Bonbin karena merupakan akronim dari Kebon Binatang. Dahulu Taman Ismail Marzuki merupakan kawasan Kebun Binatang sebelum dipindahkan ke Ragunan.


Sejak tahun 1960



Sore itu saya bersama Bang Eka, Mas Erik, Ndarika dan Mba Dewi. Saya memesan seporsi gado-gado dan asinan nan legendaris itu. Sayuran yang segar disiram bumbu kacang yang sedikit encer dan rasanya ringan tidak semanis gado-gado pada umumnya. Disajikan taburan bawang goreng yang melimpah dan emping. Seporsi gado-gado bonbin seharga Rp.33.000.

Seporsi gado-gado Bonbin

Selanjutnya saya makan asinan. Rasanya asam, pedas dan segar sedikit rasa manis turut muncul. Seporsi asinan seharga Rp 27.000.


Asinan segar

Tandaslah sudah seporsi gado-gado dan asinan, kami pun membayar dan bergegas keluar. Gerimis yang tadi turun telah reda membuat kami bersemangat menuju tempat kuliner selanjutnya.



Pasukan Kuliner

Es Krim Tjan Njan/ Tjanang






Di jalan raya Cikini terdapat sebuah coffeeshop yang bertempat di lantai satu sebuah hotel yang menjual es krim legendaris. Lokasinya sebelum Laba-laba dan SMP 1 Cikini. Ekspektasi saya begitu tinggi mengharapkan es krim itu dijual dalam sebuah kedai es krim tua dengan nuansa vintage. Namun ternyata saya harus menelan rasa kecewa, es krim legendaris ini hadir dalam sebuah coffeeshop modern dan tersaji dalam dua refrigerator di sudut ruangan.





Satu cup es krim Tjan Njan seharga lima belas ribu rupiah dengan aneka rasa. Sore itu kami mencicipi rasa nougat, coklat, kopyor dan alpukat. Semua rasa es krim Tjan Njan sangat pas di lidah, tidak terlalu manis dengan tekstur lembut. Dari empat rasa yang saya coba, favorit saya adalah rasa kopyor. Untuk mencoba empat rasa sekaligus, es krim Tjan Njan alias Tjanang juga menyediakan kemasan kecil dengan empat rasa pilihan, saya mencoba kopyor, durian, alpukat dan coklat chip. Rasanya segar dan menyenangkan. Selain Ragusa dan Baltik, es krim legendaris selanjutnya yang harus dicoba ya es krim Tjanang ini.


Rasa nougat , coklat, kopyor dan alpukat

empat rasa dalam satu cup: coklat, alpukat, kopyor dan stroberi

rasa kopyor dan kacang hijau

Lapau Nasi Jaya Masakan Padang
Lokasi kuliner kami selanjutnya adalah nasi padang yang berada di samping pom bensin Shell, Gondangdia. Jika berjalan kaki, cukup menyeberang dari TIM masuk ke jalan kecil di samping Gedung Bank Mega hingga ujung jalan.




tempat makan terbuka, jauh dari kesan gerah

Nasi padang ini dijual dalam sebuah mobil yang disulap menjadi etalase makanan yang pastinya membuat pengunjung menelan air liur membayangkan kelezatannya. Aneka lauk pauk khas masakan padang berjajar rapi begitu menggiurkan, ada rendang, aneka olahan ayam, gulai kikil. Hidangan khas milik rumah makan (atau mobil penjaja makanan ya?) adalah gajebo. Gajebo bukan berarti gak jelas bo namun merupakan olahan daging sapi muda full lemak ditambah kuah gulai yang pastinya cocok untuk seorang ketoer macam saya. Tentang ketoer bisa dibaca di sini


Dendeng yang bikin ngiler

Aneka variasi sambal yang bikin menelan air liur

pilihan saya dan Henny tiap makan di sana

Saya mengenal nasi padang ini dari teman akrab saya, Henny yang memang bekerja di area Cikini. Karena kami berdua ketoer -yang sering cheating- makan nasi padang di sana seolah memanjakan diri, kami biasanya langsung makan tanpa tanya ini itu. Di lain kesempatan saya makan berdua dengan seorang teman. Teman saya ini bertanya pada pemilik Lapau Nasi Jaya. Menurut keterangan pemiliknya ternyata omset penjualan nasi padang luar biasa apalagi saat bulan Ramadhan.

Baca juga: Ketoer yang sering cheating

Harga yang dipatok pun tak terlalu mahal. Makan berdua biasanya hanya sekitar lima puluh ribu rupiah. Jadi kapan mau makan gajebo bareng saya?

You Might Also Like

74 comments

  1. Pernah sekali akan ke Gado2 Bon Bin, eh ternyata salah masuk....(masih 40 meter) malah masuk ke gado2 juga tapi kok bukan. Akhirnya ke Premiere dulu baru ke the real gado2 Bon Bin hahaaaa....

    BalasHapus
  2. Jadi kapan ngajak aku makan es cream Tjan Njan, Kak? Mau coba ih

    BalasHapus
  3. Ahh belum pernah ke sana semua.. Mantep nih ya mau wiskul gausah jauh2 tinggal ke cikini aja.. Bisa dicobaa

    BalasHapus
  4. Waah, kepengen nyobain, terutama gado2 dan nasi padangnya. Sebenernya es krim menarik, tapi bener, penyajiannya kurang terkesan tua dan tradisionak.

    BalasHapus
  5. wiiih gado-gadonya bikin ngiler, belum sempat nyicipin

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Ajegile abis gado-gado lgsg asinan sama es krim.. 😅😅
    Aku tak sanggup makan sebanyak itu dalam tempo sesingkat-singkatnya..

    BalasHapus
  8. Abis makan keknya bakalan kenyang banget

    BalasHapus
  9. waahhh 4tahun kuliah di area cikini. aku baru tau loh mbaa.. nyesal adek pulang kuliah langsung pulang hihihihihi

    BalasHapus
  10. Mbak Yun...hihihi saya baca tulisan mbak sambil nahan utk tidak membayangkan lezatnya..coz sedang puasa. Kapan-kapan bolehlah kita cuzz ke sana ya,mbak.

    BalasHapus
  11. Pernah dengar gado gado bon bin tapi belum pernah coba.Asinannya kelihatannya mantap juga..
    Perlu di coba nih..

    BalasHapus
  12. Saya peelrnah dengar yang Es Krim Baltik. Kalo gak salah di dekat Pasar Senen.

    BalasHapus
  13. Bikin ngiler kak hehe. Terima kasih rekomendasi tempat makannya ya

    BalasHapus
  14. Saya mau gajebo bareng! Hohoho, oalah ternyata es krim tjayang eh tjanang ini gak ada kedainya toh. Pantes kayak gak pernah lihat (tapi secara saya juga jarang nongkrong di Cikini siihh)

    BalasHapus
  15. Asik banget pokoknya makan bareng Mba Yun.. Aku masih penasaran gajebonya, gara-gara waktu itu udah keabisan.. selama belum icip itu, berarti tetep ga jelas bo! Belum tahu rasanya soalnya.

    BalasHapus
  16. Duh ngiler sama gado2 nya sama eskrimnya 😍😍😍

    BalasHapus
  17. Emmm.. ga bikin baper, cuma bikin ngiler dan laper..

    BalasHapus
  18. Njirrrr bikin ngiler semua itu kulinernya...

    BalasHapus
  19. Es nya perlu dicoba nih, sptnya enak

    BalasHapus
  20. menggiurkan jadi ngiler sama gado-gadonya

    BalasHapus
  21. Aduh, nasi padangnya bikin perut keroncongan Mba, hehe
    Dan itu unik banget ya, baru kali ini tau nasi padang yang pakai mobil. Biasanya yang pakai mobil gini tukang nasi uduk.

    BalasHapus
  22. Pernah nyobain gado-gado BonBin 3 tahun lalu, pertama kali beli sempet kaget pas lihat harganya yang di atas rata-rata.. hehe

    BalasHapus
  23. Postingan kuliner klasik Cikini ini sukses buat aku lapar, Kak Yun.

    BalasHapus
  24. Waduh saya mau es krimnya 😊

    BalasHapus
  25. Belon pernah semua ke tempat di atas, aku mau ke padang sama ke es krim deh, yuuk cuzz..

    BalasHapus
  26. Cikini memang gak ada matinyeee yee mpokkk

    BalasHapus
  27. Bulan lalu aku jalan-jalan ke Cikini cuma mampir minum di Bakoel Kopi nanti mau main ikutin list ini ah seru juga wisata kuliner di Cikini.

    BalasHapus
  28. Wah wajib dicoba nih es krimnya.. menarik banget,, dan bikin ngiler...

    BalasHapus
  29. Ooh dulu sempat ada kebun binatang ya di Cikini

    BalasHapus
  30. wah KakYun, terima kasih tulisannya tentang wiskul di Cikini!
    bikin ngiler sama gado-gado dan es Tjan Njan-nya.

    BalasHapus
  31. gado2 termasuk makanan favoritku

    BalasHapus
  32. Di cikini Kuliner nya banyak..jadi ragam pilihan buat makan

    BalasHapus
  33. Noted ah, kalau ke cikini bakal wiskul ke tempat-tempat itu. Thanks sharingnya, mba yun😊

    BalasHapus
  34. cikini banyak kenangannya..dari bubur ayam cikini, somay stasiun, empek mpek megaria. semua bikin aku mengingat jaman kuliah.. cuma ni nasi padangnya aku lom tau deh. but thx ya mbak yun..love you

    BalasHapus
  35. Siang siang baca review ka yuni, segar tuh es krimnya. Hmm penasaran apa itu ketoer. Mungkin semacam program diet. Nanti lain waktu mampir ah

    BalasHapus
  36. Baltik, ragusa udah. Tinggal tjanang berarti nih. Thx infonya miss ketoer hehe

    BalasHapus
  37. oh tjikini- gondangdia aku merana karena dia.. hahaha

    BalasHapus
  38. Ahhhh belum pernah wisata kuliner kakkk. Kelihatannya seru ya kak, makan sekaligus menyelami sejarahnya :D

    BalasHapus
  39. Gado2 bon bin yg terkenal itu. Kalo sama gado2 cemara atau boplas enak mana mba?

    BalasHapus
  40. Review makanan...nice try. Aku pun ada rencana utk itu

    BalasHapus
  41. aku sering lewat cikini baru tau ada kuliner ginian. Thx kak infonya
    https://helloinez.com

    BalasHapus
  42. okeehhhh.... fiks.. balik jakarta langsung nge-gajebo di sini ahhhh...

    BalasHapus
  43. Ih sering banget ke Kineforum, TIM buat nonton tapi cuma tahu Pempek & rujak Megaria hahaha. Nanti kalau ke TIM aku kudu nyoba gado-gado dan asinannya nih hoho

    BalasHapus
  44. akkk gado gadonyaaa aku belum rasain

    BalasHapus



















  45. Terimakasih infonya. Jadi tambah referensi nih untuk Gado2 nya.

    BalasHapus
  46. Baru tau ternyata di Cikini banyak tempat makan legendaris. Noted ah, kapan-kapan cobain.

    BalasHapus
  47. waaaaaahhhh banyak kuliner yang bikin ngiler, mbak
    gado2nya itu looooh menggoda
    i'm gado2 lover

    BalasHapus
  48. aku bersyukur pernah mencicipi eskrimnya, enak bgt

    BalasHapus
  49. Paham banget deh keendesan es krimnya. kapan2 brg aku yuk ke sana. hhi

    BalasHapus
  50. Tjikini terkenal dg bangunan heritage, termasuk cafenya, suasananya nyaman

    BalasHapus
  51. Jadi punya banyak referensi buat wisata kuliner ke Cikini nih.. Thanks, mba yunita..

    BalasHapus
  52. bagus bentuknyaa....keliatan bgt teksturnya lembuut ya, ke cikini aah

    BalasHapus
  53. Ak pernaaahhh sekali nyobain gado2 bonbin karena pnasaran. Sayang harga satu porsinya limayan mahal utk gado2, klo menurut aku.

    BalasHapus
  54. padahal aku kuliah 4 tahun di menteng tp masih banyak yg belom aku eksplor ternyata, thank you infonya kak

    BalasHapus
  55. Cikini memang punya banyak cerita. Dari makanannya hingga sejarah sepanjang jalan itu sendiri. Argh, jadi pingin makan gado-gado bonbin.

    BalasHapus
  56. Selalu penasaran sama gado-gado bonbin, baru kali ini baca reviewnya. Jadi makin penasaran!

    BalasHapus
  57. Ajak aku jalan-jalan ke Cikini dong mbak Yunita. Dari yang mbak tulis aku baru cobain es krim-nya aja dan emang enak sih. Mungkin juga rasanya tambah enak karena ada cerita sejarahnya juga. Hehehe.

    BalasHapus
  58. di cikini saya kehilangan toko roti tan ek tjoan yang tutup.. padahal seneng banget beli roti di sini.. untung tukang gerobaknya masih ada

    BalasHapus
  59. Gado-gadonya maknyus kelihatannya nih mbak... habis berapa ya sekali makan? hehe

    BalasHapus
  60. wah es krim-nya mengingatkan pada masa kecil....

    BalasHapus
  61. Wah boleh nih nambah untuk referensi jajanan Cikini, terima kasih infonya

    BalasHapus
  62. Gado-gadonya mihil yak. Di Surabaya 10-15ribu aja.
    Kalau ke Cikini, aku biasa makan mie ayam yang seberangnya Menteng Huis.

    BalasHapus
  63. Penasaran sama rasanya gado-gado B on bin harganya lumayan yess hehe.

    BalasHapus
  64. Jadi pengen coba gado-gado sama asinannya

    BalasHapus
  65. Asinan...������ Aku jadi pengen ke gado-gado bon bon nih... Penasaran Ama asinan nya...

    BalasHapus
  66. Kepngen makan asinan langsung di tempat asalnya, Jakarta. sudah lama saya gak ke Jakarta, semoga ada kesempatan ke sana lagi

    BalasHapus
  67. 1 buah eskrimnya mahal juga ya 15rb. Mungkin krn legend banget kali ya.

    Satu2ny kuliner Cikini yang pernah aku cicipi hanya Gado2 BonBin. Yg lumayan juga harganya :)) Rasanya emang enak sih. Tp aku kurang suka. Yg suka malahan suamiku :))

    BalasHapus
  68. Sungguh aku nelen ludah liat poto=poto makanannya.
    Manusia mudah tergoda.

    BalasHapus
  69. aku kok jadi lapar ya...cus ah kesana.

    BalasHapus
  70. Aku kepengen nasi padangnyaaaa...udah lama banget ga 'kena' nasi padang. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk kulineran di Cikini Kak, abis itu lanjut ke Serang. Pengen liat keraton Kaibon

      Hapus
  71. Bayar PR hutang baca dan komentar. Di siang hari seperti ini liat eskrim jadi kekepingin. Gapapalah seger dimata tak segar dilidah. Aduh aku lupa nih materi "di" dipisah dan di sambubg. Jangan di omelin ya kak. 😉

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images