2019 Indonesia Terang Benderang Karena PLN Terangi Negeri

13.02



Hari begitu panas, terik mentari seolah memanggang Jakarta. Segera saya masuk rumah, minum air dingin dari kulkas dan naik ke kamar. Sambil duduk santai saya pun menyalakan air conditioner,  kamar pun menjadi sejuk seketika. Saya membuka laptop karena sudah niat merapikan beberapa koleksi foto traveling.


Mata tertegun saat melihat album foto Pulau Harapan, saya teringat ketika mengunjungi pulau tersebut di tahun 2011. Panasnya udara siang hari di pulau pada saat itu begitu menyengat. Usai snorkeling, khayalan saya adalah duduk manis di homestay menyalakan kipas angin dan menikmati minuman dingin dari kulkas.

Khayalan tinggal khayalan, sesampainya di homestay  saya hanya menjumpai kulkas yang mati tanpa ada botol berisi air minum dingin di dalamnya, ahh di situ sedih. Ternyata di siang hari listrik tidak menyala di sana. Saya agak kaget karena Pulau Harapan termasuk wilayah DKI Jakarta, mengapa tidak ada listrik? tapi itu tahun 2011, bagaimana dengan sekarang?

Lisa, Listrik  Masuk Desa
Tinggal di Jakarta yang modern dan metropolis membuat saya  tidak pernah mengalami kondisi gelap total tanpa listrik, namun bagaimana dengan wilayah paling luar ataupun pedalaman? Ternyata sejak tahun 2015 hingga April 2018, PLN telah melistriki 76.152 desa, atau lebih dari 6.000 desa.

Tentu saja usaha yang dilakukan oleh PLN untuk dapat melistriki desa-desa tersebut tidak mudah. Indonesia adalah negara kepulauan, beberapa desa-memiliki akses yang sulit untuk dijangkau, namun upaya PLN juga bukan main-main. Tak hanya jalur darat, jalur laut pun ditempuh untuk menyentuh desa terpencil.


upaya PLN melistriki desa
dokumentasi PLN

Sulitnya medan yang ditempuh PLN untuk melistriki desa
dokumentasi PLN
Mewujudkan listrik yang merata di seluruh pelosok Indonesia membutuhkan biaya yang tidak murah. Pembiayaan selama ini berasal dari APLN (Anggaran Perusahaan Listrik Negara). Sebab PLN yakin bahwasanya listrik dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia. Jika seluruh daerah Indonesia telah dialiri listrik, maka proses produksi akan meningkat dan bukan tidak mungkin bisa mengundang investor untuk datang dan menanam modal.

sumber dokumentasi PLN

Sumber dokumentasi PLN

Kini sebagian desa yang berada di darah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) sudah bisa menikmati hidup yang lebih maju berkat masuknya listrik. Hal ini menjadi bukti bahwa hadirnya listrik mampu merubah peradaban pun sebagai roda penggerak ekonomi.

Sumber dokumentasi PLN
Mengenal Sosok Bertangan Dingin dibalik Keberhasilan PLN
Jika kita telah melihat kerja keras para pekerja PLN melistriki daerah terdepan, terluar dan tertinggal, kini saatnya kita juga mengenal sosok penggerak atau pemimpinnya. Bapak Sofyan Basir selaku Direktur Utama PLN hadir di temu wicara PLN dan pegiat media sosial.  Saya cukup beruntung dapat mengajukan pertanyaan pada beliau.

Direktur Utama PLN Bapak Sofyan Basir

Saat diberikan kesempatan mengajukan pertanyaan
Pegiat Media Sosial yang hadir

Sosok tinggi besar berwajah ramah dan selalu tersenyum menjawab pertanyaan saya dengan disertai candaan membuat suasana tidak kaku. Salah satu pertanyaan saya apakah PLN mengedukasi penduduk daerah pedalaman mengenai listrik dan bagaimana cara menghadirkan listrik di daerah pedalaman, karena ketika saya ke Baduy dalam, saya melihat ada yang sudah punya telepon selular, entah bagaimana ia mengisi daya ponselnya.

Pak Sofyan menjawab tentu saja PLN bertanggung jawab melistriki daerah pedalaman dengan tetap menghargai kearifan lokal, sebab listrik merupakan kebutuhan  dan hak semua warga Negara. Salah satu bentuk kearifan lokal juga digunakan untuk sumber listrik itu sendiri yaitu Energi Baru Terbarukan yang berasal dari panas bumi, air, angin, biomassa, biogas, surya, sampah dan lain-lain. Ini menarik sekali, artinya tiap daerah bisa jadi memiliki sumber listrik yang berbeda.

Sumber dokumentasi PLN


Target PLN Melalui Program 35.000 MW
PLN menggagas program 35.000 MW meliputi pembangunan pembangkit sebesar 35.714 MW, transmisi 46.904 kms, dan Gardu Induk 110.329 MVA. Hingga April 2018 pembangunan konstruksi pembangkit telah mencapai 17.192 MW, progress yang cukup pesat. Sehingga target PLN di tahun 2019 Indonesia akan terang benderang.

sumber dokumentasi PLN
Canggihnya PLN Mobile
Punya keluhan mengenai pelayanan PLN tapi malas ke kantornya? Duh, di zaman sekarang yang serba digital PLN juga memudahkan konsumennya. Hadirnya pelayanan PLN Mobile yang bisa diunduh di google playstore. Lewat PLN mobile kita bisa menyampaikan keluhan, menambah daya listrik, juga info tentang PLN semua bisa diakses melalui apps ini.  

PLN Mobile
Yuk mari bersyukur atas segala kemudahan yang selama ini kita terima. Lewat artikel ini saya juga mengajak untuk hemat energi listrik, sebab masih banyak warga Indonesia yang belum tersentuh listrik. Semoga di tahun 2019 nanti seluruh wilayah Indonesia dapat dialiri listrik oleh PLN. Terima kasih PLN.

You Might Also Like

29 comments

  1. Masih inget kejadian mati listrik 2007, listrik ga nyala sampe 3hari untungnya yang mati listrik 1 kelurahan jadi yang ngerasain rame2 wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq gue kayanya ga ngerasain ya Day hehehhe

      Hapus
  2. Ternyata masih ada yg kekurangan listrik ya :( tapi saya selalu berusaha memakai listrik seperlunya saja, ortu saya selalu mengajarkan spt itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak daerah pedalaman belum terlistriki semoga tahun depan semua sudah dialiri listrik ya Kak

      Hapus
  3. Semoga listrik bisa masuk ke seluruh wilayah Indonesia ya Mba. Termasuk di pelosok-pelosoknya juga ya. Wah kita harus semangat nih bayar pajaknya berarti agar bisa membantu lebih juga untuk Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, semoga semua bisa mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia, termasuk hak mendapatkan listrik ya

      Hapus
  4. iya aku oernah di ceritani bapak mbak kalo dulu awal-awal pembangunan PLN masya Allah,,, selain medan juga dulu transportasi masih minim banget, jadi pulang setahun sekali :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemarin dirut PLN ceruta bahwa sampai kini masih banyak daerah yg sulit dijangkau, dan listrik di sana sumbernya dari energi terbarukan sesuai daerah masing2

      Hapus
  5. kami sangat mendukung program PLN ini demi kesejahteraan bersama..
    tentu saja, kita mendorong PLN sebagai perusahaan energi utama di negeri ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mari Kak kita dukung program PLN agar semua daerah di Indonesia dapat dialiri listrik

      Hapus
  6. Alhamdulillah ya listrik sdh masuknke pelosok2 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Kak, semoga ga ada lagi daerah tertinggal dengan masuknya listrik ke daerah terdalam

      Hapus
  7. Makin canggih aja ya mbak pelayanan dari PLN, jadinya nggak perlu repot2 lagi harus ke kantor PLN jika mengalami keluhan. Cukup download di hp. Keren ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, kita ga perlu antri lagi ke kantor PLN terdekat sekarang semua serba mudah

      Hapus
  8. Wah saya baru tau nih perjuangan team PLN masuk ke wilayah. Biasanya taunya ngedumel aja kalo aku pas mati lampu. Ternyata segini besarnya ya perjuangan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pas lihat dokumentasi tim PLN ke daerah 3T sampai terpana, betapa beruntungnya kita yang tinggal di Jakarta

      Hapus
  9. Alhamdulilah. Kini PLN sudah dapat dirasakan di kepulauan terpencil pelosok negri. Bersyukur bagi kita yang tinggal di perkotaan dengan mudah kita dapat menikmati fasilitas listrik meskipun tarif nya naik tiap tahun. Dan setiap pembelian nilai token berbeda yang diterima dengan rupiah yang kita keluarkan. Ssmiga PLN semakin konsisten berjaya dalam melayani Publik dan semesta Indonesia. Sesungguhnya Dunia Gelap Gulita tanpa Listrik. Thanks for sharing. Saalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Kak, waktu melihat dokumentasi pln berusaha mengaliri listrik di daerah 3T saya merasa beruntung banget tinggal di Jakarta

      Hapus
  10. Wah aku baru tahu nih mbak ada apiklasi PLN mobile, biasanya kalau komplen suka langsung telepon CS haha.
    Moga2 kinerja PLN makin baik dan tercapai semua target2nya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apps ini memudahkan kita untuk cek dan mengajukan komplain.

      Hapus
  11. Wah ada PLN Mobile, ternyata BUMN yang satu ini sudah kekinian. Keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang semua serba mudah ta Mas Ris, termasuk PLN memudahkan kontak dengan pelanggannya

      Hapus
  12. Yeay go PLN! Jadi bersyukur tempat tinggal diakiri listrik karena memang ada beberapa daerah yang tidak ada atau susah listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun depan target PLN tercapai ya Mba, jadi semua daerah dapat merasakan alirn listrik

      Hapus
  13. Sudah seharusnya BUMN Seperti PLN berinovasi dan bertransformasi menjadi PLN Mobile. Applikasi nya sangat friendly user. Banyak sekali start up applikasi jaman now yanh sedang bombastis menggunakan keywords friendly users. Apa sik? Mudah digunakan. Jaman now kalo gak mobile bukan kekinian yah. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sekarang semua serba mudah Kak, membuat kita pelanggan juga bisa merasakan pelayanan yg baik

      Hapus
  14. Semoga ya, apa yang diwacanakan ini benaran terwujud. Di kampungku sampai sekarang hampir tiap hari listriknya byar peett. Sedih.

    Tapi kalau mau komplain kok ya malu, karena di bagian indonesia lainnya bahkan belum teraliri listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga target PLN tahun depan dapat tercapai sehingga semua daerah di Indonesia bisa dialiri listrik

      Hapus
  15. Semoga nanti banyak daerah yang dapet listrik. Semoga juga PLN bisa buat pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images