Keranjingan Menatap para "Oppa" di Layar Kaca

21.22


Drama Korea populer Descendants of The Sun
sumber foto dari sini
Semula saya bukanlah penggemar drama Korea atau musiknya yang dikenal dengan sebutan Kpop, padahal saya memiliki murid-murid asal Korea Selatan di sekolah sekarang dan sebelumnya. Dahulu saya juga pernah memberi pelajaran privat bahasa Indonesia untuk ibu-ibu sosialita Korea yang tinggal di Kemang Pratama Bekasi, namun masih belum membuat saya tertarik untuk mengetahui tentang Korea Selatan. Satu-satunya yang membekas kala itu adalah ketika saya diajari cara membuat gimbab, sushi ala Korea


seblah saya Kwon Seo Hyun asli Korea yang suka makan kangkung


Dari Kim Jong Kook, Leesang hingga Sersan Seo Dae Young
Kejadian ini berawal sekitar lima tahun lalu, saat itu di ruang guru semua orang nampak sibuk memasang headset dan menatap lekat ke arah laptop masing-masing. Tak hanya itu, suara tawa terbahak-bahak, penasaran saya menghampiri dan memperhatikan apa yang sedang mereka tonton. Ternyata mereka sedang menonton variety show dari Korea yang tengah terkenal di penjuru Asia.


Dari Running Man lah saya mulai mengenal artis-artis Korea. Saya juga jadi tahu lagu Korea, tetap dengan selera musik saya (hingga saya menulis artikel ini saya masih belum terlalu suka Kpop) yang jazz. Dua orang personel Running Man yaitu Kim Jong Kook si kuat yang profesi aslinya penyanyi lagu-lagu mellow dan Gary seorang rapper. Kemudian saya mengenal duet Leesang (Gary dan Gill) yang memadukan konsep R&B dan Rapp menjadi musik yang manis.


Running Man formasi lama
sumber foto dari sini
Saat flower Boy Song Jong Ki tengah dikenal di Indonesia lewat seri drama Descedant of The Sun tentang romansa di dunia militer saya malah jatuh cinta pada Jin Goo yang berperan sebagai Sersan Seo Dae Yeoung bawahan Kapten Yoo Si Jin (yang diperankan Song Jong Ki)


Sersan Seo Dae Young
Sumber foto dari sini
Tak hanya Anyeong Kini saya Tahu Nunmul
Menyaksikan tayangan Korea tanpa disulih suara (dubbing) membuat saya mengenal kosakata Korea tanpa saya sadari. Kalau dulu saya mengenal kata anyeong untuk mengucapkan hai atau hallo (untuk menyapa) kini perbendaharaan kata saya pun bertambah. Jika ada lagu Korea yang saya suka, saya akan cari di youtube dengan English subtitle untuk mengetahui makna lagu tersebut.


Tentu saja ini pengaruh positif bagi diri saya karena saya mengenal bahasa asing lainnya (sewaktu SMA dulu saya pernah belajar bahasa Jerman dan Jepang) tanpa harus mengeluarkan biaya untuk kursus.

Kim Jong Kook Oppa Saranghae
Menonton Running Man membuat kuota internet cepat habis dan saya jadi boros karena terus membeli paket data untuk mini wifi. Tak hanya boros, saya pun jadi sering tidur larut malam karena menonton drama Korea dan terus saja menonton hingga tak ingat waktu.

Pemborosan ini mencapai puncaknya ketika Running Man datang ke Indonesia untuk pertandingan bola di Stadion Gelora Bung Karno. Saya rela membeli tiket utama dengan harga fantastis hanya demi bisa menyaksikan Kim Jong Kook dan semua personel Running Man dari dekat. Untuk pertama kalinya saya berbuat seheboh itu. 

Kim Jong Kook di SUGBK
dokumentasi pribadi, difotokan oleh Jessica
Baca Juga: Running Man Asian Dream Cup di Jakarta

Meski demikian ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan orang Korea Selatan dari drama maupun musiknya. Bagaimana mereka tetap menghormati orang yang lebih tua dari membedakan panggilannya. Sampai hari ini saya masih menyimpan angan-angan untuk bisa traveling ke Korea ala backpacker tentu saja (duuh, siapalah saya ini Kak? Mampunya beli tiket pesawat promo). Siapa tahu jodoh saya ada di negeri ginseng sana (harapannya sih begitu).

Ditulis menjelang pulang sekolah, saat mendebarkan menunggu bel berbunyi. Tulisan ini bertujuan untuk memenuhi tantangan one day one post hari kedua dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur

Baca Juga:
Trip ke Bangkok ala Running Man Bangkok Race
TNI AU dengan seragam ala drama Korea DOTS
Gara-gara Running Man kami piknik ke Taman Safari

You Might Also Like

10 comments

  1. Sans kak gue juga k.popers kok :D meskipun ngga 100% wah senangnya punya murid orang korea :v, cua e.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe yang aku salut dari murid2 Korea itu adalah daya juang mereka untuk belajar. Fighting spiritnya keren. Dari belajar huruf alfabet bahasa Indonesia hingga bisa bikin karangan

      Hapus
    2. waah emang, bedanya sama murid lokal gimana kak :v

      Hapus
  2. "Sampai hari ini saya masih menyimpan angan-angan untuk bisa traveling ke Korea ala backpacker tentu saja (duuh, siapalah saya ini Kak? Mampunya beli tiket pesawat promo). Siapa tahu jodoh saya ada di negeri ginseng sana (harapannya sih begitu)."

    Saya doakan, Miss Yun. Mudah-mudahan bisa ke sana dengan tiket first class. =)

    BalasHapus
  3. Waaaah, sama dong. Dulu saya juga kpopers akut, tp sekarang sudah mulai berkurang. Btw mba, blognya kalo dilihat dari browser opera mini agak kurang nyaman dibaca soalnya tulisannya mepet banget dilayar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh terima kasih masukannya, nanti aki oprek lagi biar opera mini friendly

      Hapus
  4. Artis Korea tetap Girlband-nya yang menarik buat cowok-cowok hehehe.
    Saya tahunya SNSD, itu juga gak hapal muka-mukanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata selain Vianisti dan Nella Lovers Mas Ris juga pencinta SNSD ahahha

      Hapus
  5. Waah, ternyata penggemar Running Man juga ya Miss. Aku dulu juga sukaaa banget sampai nggak pernah ketinggalan liat per episode. Tapi jaman kuliah dulu sih. Makin ke sini apalagi pas kerja, akrena nggak ada temen yang heboh2 nontonnya jadi jrang nonton dan makin bosen. Tapi keren banget ya sampe dibelain datang ke stadion demi liat Jong Kook :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semenjak Gary keluar aku dah ga pernah nonton Running Man, soalnya monday couple itu salah satu alasan aku nonton RM hehhehe

      Hapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images