5 Tempat Wisata Kekinian di Aceh yang Akan Membuat Liburanmu Semakin Menyenangkan

15.47


Siapa tak kenal daerah istimewa Nangroe Aceh Darusalam yang dikenal dengan julukan Negeri Serambi Mekkah. Setelah diporak-perandakan Tsunami pada Desember 2004 silam, Aceh kini telah berbenah dan memperbaiki sektor pariwisatanya. Bahkan, kini ada banyak tempat-tempat wisata baru yang bermunculan dan menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. 

Mendengar kisah teman-teman yang berasal dari Aceh tentang kopi istimewa, kopi sanger asal Aceh membuat saya si pencinta kopi ini  begitu ingin segera bertualang di sana. 

Apabila kamu sedang jalan-jalan ke Aceh, mampirlah ke 5 tempat wisata kekinian berikut ini agar perjalan liburanmu semakin menyenangkan. Saya pun pastinya ingin menyambangi kelima tempat ini sambil menikmati kopi Aceh.

1.           Museum Tsunami

Sumber: sportourism

Museum Tsunami merupakan museum yang dibangun untuk mengenang kisah pilu Tsunami Aceh. Didesain dengan arsitektur yang megah, museum ini memiliki makna tersendiri di setiap landscapenya. Misalnya saja, saat memasuki gedung utama museum, kamu akan diajak melewati lorong gelap dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang menggambarkan suasana mencekam saat Tsunami terjadi. Tak hanya itu saja, di museum ini kamu juga bisa melihat banyak benda-benda sisa bencana seperti sepeda, foto korban yang meninggal dunia, hingga cerita kesaksian korban yang selamat.



2.           Taman Burung Dara

Sumber: tribunnews
Taman Burung Dara merupakan tempat wisata baru yang kini sedang hits di Aceh. Berlokasi di Aceh Besar, di sini kamu bisa menikmati beragam aktivitas seru seperti berfoto-foto di rumah pohon, bermain ayunan, flying fox, hingga mencoba aktivitas menantang seperti mengendarai sepeda dan permadani terbang. Tak ketinggalan, kamu pun bisa bermain dan memberi makan puluhan burung dara yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Tiket masuknya pun cukup murah. Dengan merogoh kocek mulai Rp2.000, kamu sudah bisa menikmati setiap wahana yang ditawarkan. Benar-benar wisata murah, meriah dijamin asyik.

3.           Kapal PLTD Apung

Sumber: Mongabay

Dahsyatnya Tsunami yang melanda Aceh dapat kamu lihat di tempat wisata yang satu ini. Kapal PLTD Apung ini dulunya berfungsi sebagai sumber energi listrik bertenaga diesel yang menyuplai wilayah Ulee Lheue. Namun, dengan kekuatan alam, kapal seberat 2.600 ton dengan panjang 63 meter ini terseret sejauh 5 kilometer dan hingga kini bersandar di pemukiman warga di daerah Plunge Blang Cut, Kota Banda Aceh. Sekarang, Kapal PLTD Apung difungsikan sebagai tempat wisata bersejarah yang menjadi saksi kedahsyatan kuasa Tuhan. Selain berfoto-foto, di sini kamu juga bisa melihat foto-foto saat Tsunami terjadi.

4.           Kapal di Atas Rumah

Sumber: detik

Selain Kapal PLTD Apung, tempat wisata lain yang juga menjadi bukti kedahsyatan Tsunami adalah Kapal di Atas Rumah. Ya, bencana besar yang melanda Kota Serambi Mekkah 14 tahun yang lalu memang menimbulkan dampak yang sungguh luar biasa. Bahkan, kapal nelayan saja bisa berdiri gagah di atas sebuah rumah warga. Kini, selain dijadikan sebagai salah satu monumen bersejarah, fenomena ini juga menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.



5.           Pulo Aceh

Sumber: kanalaceh

Pulo Aceh sebenarnya merupakan nama dari sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh. Dengan alamnya yang cantik, di pulau ini kamu bisa mengeksplor beragam objek wisata sekaligus, di antaranya ada Pantai Deumit, Pantai Nipah, Pantai Balu, Pantai Pasi Raya, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Alue Raya, serta teluk-teluk yang indah. Apabila ingin menikmati aktivitas snorkeling, perairan di sekitar Pulo Aceh ini pun juga memiliki alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Puas menjelajahi pantai-pantai yang cantik dan melihat keindahan terumbu karang, sempatkan juga berkunjung ke Mercusuar William Toren III untuk menikmati pemandangan pulau dari ketinggian.
Itulah sebabnya tiket pesawat ke Banda Aceh cukup langka menjelang masa liburan.

Nah, itulah beberapa tempat wisata kekinian yang akan membuat perjalanan liburanmu di Aceh semakin menyenangkan. Sebelum berlibur, pastikan kamu sudah merencanakan liburan dengan matang dan memesan tiket Garuda Indonesia murah di website Airy ya! Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

You Might Also Like

8 comments

  1. kapal diatas rumah itu kaykanya unik untuk dikunjungi... SUper kreatif yang membuatnya

    BalasHapus
  2. Orang yang hendak membangun rumah hendaknya belajar dari designer/arsiteknya rumah "Kapal di Atas Rumah." Sudah terbukti kekokohannya.

    BalasHapus
  3. 2004 tsunami aceh
    di 2018 tsunami di Palu
    semoga gak ada tsunami lagi

    BalasHapus
  4. Wah seru juga yah kak main ke Aceh, pengen ke taman burung dara deh sama museum tsunami nya

    BalasHapus
  5. Luar biasa aceh sekarang semakin berbenah, kebanyakan wisata masih erat kaitannya dengan tsunami yang melanda tahun 2014. Mudah2an Aceh semakin maju pariwisatanya,. Dan someday saya diberikan kesempatan untuk berkunjung kesana

    BalasHapus
  6. Kapal PLTD menurut saya yang fenomenal, karena jadi bukti dahsyatnya tsunami saat itu.

    BalasHapus
  7. Setelah tsunami Aceh, di sana malah jadi semakin maju dan hebat ya.........walaupun bencana, ternyata malah membawa keberkahan ya...

    BalasHapus
  8. Taman burung daranya keren, kaya di paris, bisa bebas main sama burung :)

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images