Wisata Sehari di Cirebon, Jangan Lewatkan Tempat Ini

10.05


Cirebon, kota perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak sekali potensi wisata yang seru dan sayang sekali bila dilewatkan. Kamu bisa wisata religi, kuliner, budaya bahkan belanja batik di kota ini. Jarak tempuh dengan kereta yang hanya sekira tiga jam dari Jakarta membuat kita bisa menyambangi kota udang ini tanpa butuh waktu lama. Tempat berikut harus kamu datangi kalau ke Cirebon.


Wisata Religi
Menurut catatan sejarah, Cirebon menjadi pusat islam di Pulau Jawa sehingga peninggalannya pun masih ada. Ada dua masjid tertua di Cirebon yang masih berdiri tegak dan kondisinya terawat. Masjid merah Panjunan terletak di jalan Kolektoran Kampung Panjunan. Uniknya masjid ini memiliki pintu masuk yang rendah. Konon pintu sengaja dibuat rendah agar umat islam senantiasa merunduk, tawadhu dan rendah hati.

Masjid Merah Panjunan

bagian dalam masjid merah Panjunan
Masjid yang kedua juga hampir sama fisik bangunannya dengan Masjid Merah Panjunan. Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini berada di komplek Keraton Kasepuhan. Masjid yang luas dan teduh ini merupakan masjid tertua kedua di kota Cirebon. Di pelataran teredia mata air yang mineralnya jauh lebih baik daripada air mineral kemasan. Pengunjung dapat membasuh muka atau berwudhu di mata air ini. Tepat di dekat air, terdapat sebuah pintu kecil untuk masuk ke dalam masjid. Suasana berbeda, sejuk dan damai akan terasa jika kita memasuki area dalam masjid Sang Cipta Rasa.
Masjid Sang Cipta Rasa

Pintu Masjid Sang Cipta Rasa

pintu kecil menuju bagian dalam masjid
Mata air untuk berwudhu
Wisata Kuliner
Kota Cirebon ini memiliki banyak sekali makanan khas, antara lain nasi jamblang, tahu gejrot dan empal gentong. Ketiga makanan ini harus dicoba jika kamu ke Cirebon.

Tahu gejrot paling enak menurut saya adalah tahu gejrot di pasar Kanoman, tepatnya di emperan depan toko Shinta. Seporsi tahu gejrot dijual seharga sepuluh ribu. Pedagang ini juga menjual kemasan ukuran besar untuk oleh-oleh. Satu pak tahu berisi 50 buah lengkap dengan bumbu, bawang merah kupas dan cabe rawit, tinggal kita racik sendiri. Tahu yang digunakan juga berbeda dengan tahu yang biasa kita makan, tahunya agak bau seperti terasi tapi rasanya luar biasa enak.

tahu gejrot
Sega (nasi) Jamblang khas Cirebon sebenarnya hanya nasi putih biasa yang dibungkus dengan daun jati. Sambal nasi Jamblang sangat khas, tidak dihaluskan dengan ulekan atau blender namuan diiris tipis dan ditumis. Aneka lauk pilihan tersedia untuk menemani nasi, tapi lebih asyik ditemani dia sih .. ehh maksudnya ditemani lauk seperti tumis blakutak (cumi hitam). Lauk khas yang tak boleh dilewatkan adalah sate kentang, dan tumis kedelai hitam yang kalau bahasa iklan itu namanya Malika. Nasi Jamblang terkenal di Cirebon adalah Nasi Jamblang Bu Nur, Nasi Jamblang Mang Dul. Keduanya ada di pusat kota, mudah ditemukan.


Nasi Jamblang Mang Dul
Nasi Jamblang Bu Nur

Empal Gentong, duuh ini sih jagoannya kuliner khas Cirebon. Potongan lontong, disiram kuah santan berisi daging sapi yang empuk yang dimasak lama di dalam gentong. Istimewanya empal dimasak dan dipanaskan  di atas kayu bakar yang pastinya membuat harum aroma yang nikmat. Jagoan saya adalah Empal Gentong Haji Apud dan Empal Gentong Krucuk. Jangan lupa juga memesan seporsi sate. Di Empal Gentong Krucuk juga tersedia empal asam yang segar dan pedas. Duh, menulisnya saja membuat saya meneteskan air liur lho ini.

Empal gentong dan sate kambing Haji Apud

Empal asem dan sate kerbau di Empal Krucuk
Selain ketiga makanan tersebut, jika masih punya waktu sempatkan juga mencoba mie ongklok, sega (nasi) lengko dan bubur sop.

Nasi lengko

Bubur sop
Baca Juga: Ke Kuningan Yuk

Wisata Budaya
Cirebon memiliki warisan kebudayaan yaitu Keraton yang masih sangat terawat adat istiadatnya. Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan menjadi saksi kemegahan Cirebon zaman dahulu kala.

Meski harus melewati pasar yang menjual aneka ikan asin dan buah-buahan, Keraton Kanoman adalah keraton yang cantik untuk didatangi. Gapura dan gedungnya telah direnovasi, warna dominan putih berlatar langit biru sangat cantik. Apalagi di halaman depan Keraton Kanoman sering digelar acara kebudayaan.

acara budaya di pelataran keraton Kanoman


Keraton Kasepuhan adalah Keraton terbesar di Cirebon. Jika Kanoman bernuansa putih, Kasepuhan bernuansa merah bata. gapura dan beberapa bangunannya masih sesuai aslinya terbuat dari batu bata merah. Di kompleks Keraton Kasepuhan ada bangunan museum yang memiliki koleksi kereta, baju prajurit dan uang kuno.




Wisata Belanja
Batik Mega Mendung adalah corak batik asli Cirebon. Jika mencari batik untuk koleksi ataupun oleh-oleh, maka kawasan Trusmi adalah tempat paling tepat. Aneka batik cap hingga batik tulis dari harga murah hingga mahal tersedia di Trusmi. Tak hanya kain, aneka baju batik dewasa dan anak-anak juga tersedia di Trusmi. Benar-benar tempat berbelanja batik yang seru.
Kawasan Batik Trusmi
sumber foto: Radar Cirebon
koleksi batik Trusmi


Saatnya Istirahat
Sesudah berwisata seharian, tentu kita butuh tempat beristirahat untuk sekedar merebahkan kaki atau mandi. Suasana malam di pusat kota Cirebon juga seru untuk dilihat atau sekedar duduk di kafe sambil ngopi cantik atau lanjut berburu kuliner malam Cirebon.

Pilihlah hotel yang tak jauh dari pusat keramaian seperti Grage Mall, atau yang tak jauh dari Stasiun Cirebon. pegipegi.com bisa kamu gunakan untuk mencari hotel Cirebon yang strategis dan sesuai budget. Harga hotel yang ditawarkan juga murah, bahkan ada diskon khusus pengguna applikasi ponsel atau kartu kredit tertentu. Pilihan metode pembayaran di pegipegi juga banyak, hingga memudahkan proses booking hotel pilihan kamu.
pilih menu hotel

Saya sih mau ke Cirebon saat libur panjang akhir Desember nanti supaya lebih puas belanja di Trusmi dan kulineran. Untuk jaga-jaga supaya tidak kehabisan kamar hotel nanti, karena akhir Desember kan peak season saya mau booking hotel di Cirebon dari sekarang dengan aplikasi pegipegi.
Masukan kota pilihan dan waktu menginap

banyak pilihan hotel dengan diskon besar

Waktu buka aplikasi pegipegi di ponsel, saya kaget diskonnya heboh banget. Kapan lagi menginap di hotel mewah dengan harga murah. Sudah diskon besar, masih bisa dapat tambahan diskon lagi, baik benar ya pegipegi ini. Segera saya bayar daripada kehabisan kamar, sedih nanti hehehhe. Mau Ikutan ke Cirebon bareng saya?

Diskonnya lebih dari 50%
Masih bisa dapat diskon tambahan

You Might Also Like

6 comments

  1. Aku pling sering wisata kuliner kl ke cirebon...duh jd kangen mampir ke cirebon nih hihihi

    BalasHapus
  2. 2x ke Cirebon, saya belum tertarik wisata religi dan budaya. Padahal Cirebon kan juga banyak tempat wisata religi dan budaya. Selama di sana hanya kulineran. Makanannya memang enak-enak

    BalasHapus
  3. Ke Cirebon cm numpang lewaat. Belum pernah wisata ke sana, padahal banyak yg menarik ya.

    BalasHapus
  4. Unik banget masjid merahnya jadi penasaran

    BalasHapus
  5. Ah Cirebon memang unik
    Semuanya lengkap di sana, mulai dari wisata sejarah, religi hingga kuliner
    Mau belanja kain-kain cantik juga semua ada. Jadi pengen ke sana lagi deh

    BalasHapus
  6. Saya suka banget empal asem... Belum pernah nyobain nasi jamblang, penasaran deh...

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images