ISB Blogger Gathering: Menjadi Blogger yang Sehat, Canggih dan Semangat Menulis

22.30


ISB Blogger Gathering
Saya belum lama mengenal komunitas Indonesia Social Blogpreneur atau disingkat ISB. Meski demikian, saya rajin share tulisan di FB group-nya dan pernah mengikuti salah satu programnya yaitu One Day One Post atau dikenal dengan nama ODOP.



Saat saya sedang berada di Bangkok, saya melihat flyer acara blogger gathering di akun instagram komunitas ISB. Acara yang digelar tanggal 16 Desember ini begitu menarik karena menghadirkan penulis idola saya, mbak Nunik Utami. Tanpa pikir panjang saya segera mengisi formulir pendaftaran. Lucunya, karena sedang berada di Thailand, Google Form itu berubah menjadi bahasa Thailand. Saya mengisinya dengan tebak-tebak buah manggis, karena ada beberapa kata dengan bahasa Inggris. Untung saja saya menjadi salah satu peserta terpilih, senangnya.

Flyer ISB Blogger Gathering
Blogger Sehat
Bertempat di Burger King Plaza Festival, Blogger gathering Komunitas ISB digelar. Acara yang didukung oleh CNI Indonesia ini memberikan layanan tes HB pada sepuluh peserta yag hadir lebih awal secara gratis. Beruntung, saya adalah peserta kelima, jadi saya bisa memeriksa kadar hemoglobin dalam darah secara gratis.

Cek Hemoglobin
Meski sempat deg-degan, ternyata hasil tes HB saya bagus dan normal. Kemudian saya pun duduk kembali di tengah para peserta.  Acara dimulai dengan sesi penjelasan dari CNI yang diwakili oleh Mba Astri. Sebelum masuk materi tentang hemoglobin, CNI membagi-bagikan hadiah terlebih dahulu. Saya pun kebagian hadiah payung cantik karena dari 11 orang yang melakukan tes HB, hanya saya yang hasil tesnya normal sedangkan 11 orang lainnya berpotensi animea.

Hasil Tes Hemoglobin
dapat hadiah di awal acara

Saat saya masih bertanya-tanya apa itu hemoglobin dan fungsinya dalam tubuh, Mba Astri dari CNI sudah menyampaikan presentasi tentang hemoglobin.  Dari penjelasan Mba Astri, saya jadi tahu bahwa kadar hemoglobin yang rendah membuat kita terkena anemia ataupun kurang gizi. Kadar Hemoglobin normal untuk pria adalah 13.8 – 17.2 g/dl sedangkan untuk wanita adalah 12.1 – 15.1 g/dl.

Mba Astri dari CNI Indonesia
Sunchlorella dari CNI adalah produk unggulan yang mengandung berbagai zat gizi dan ganggang yang membantu mengatasi anemia. Mengonsumsi chlorella secara rutin dapat mencegah penyakit degeneratif, memperlambat proses penuaan serta memperbaiki kondisi sel-sel tubuh.

CNI Sunchlorella
sumber gambar: twitter @charlesemanueld

Salah satu manfaat chlorella
sumber gambar: twitter @JagatMaheswari

Blogger Canggih
Setelah sesi pengetahuan kesehatan, Blogger Gathering hari ini juga menambah pengetahuan SEO. Selama ini kalau saya mengikuti pelatihan SEO selalu dengan platform wordpress, tapi hari ini Mas Niko Riansyah dari Zoomy Media Indonesia membawakan materi SEO dengan platform blogspot. Sebagai pengguna blogspot tentu saya senang sekali.




Tema yang disampaikan Mas Niko Riansyah hari ini adalah penggunaan template blogspot yang user friendly.  Untuk tema bisa mengunduh dari themexpose.com, kebetulan template blog saya pun mengunduh dari themesxpose. Template di themeexpose itu ada yang free ada pula yang berbayar, tinggal dipilih sesuai selera masin-masing blogger.  Jika sudah memilih, unduh kemudian buka di notepad lalu copy paste di html blog.

Meta tag dan Meta description berpengaruh pada SEO. Agar blog kita terdeteksi oleh search engine, tag meta description harusnya 154 kata dan meta keyword 6-8 kata. Jangan lupa memeriksa skor kita, jika hasil SEO Check Score lebih rendah dari 70 berarti harus dilihat kekurangan blog kita dimana kemudian diperbaiki.

Blogger yang Bersemangat
Abadikan karya dalam buku, sesi terakhir yang dibawakan oleh Nunik Utami menjadi sesi yang paling ditunggu. Hampir semua penulis atau blogger sekalipun ingin membukukan karyanya. Berikut tips dari Mbak Nunik:

1.   Do not underestimate yourself. Yup jangan pernah merendahkan diri sendiri. Kadang kita merasa cemas, takut tulisan kita kurang bagus sehingga tak percaya diri untuk mengirim karya ke penerbit.
2.   Rajin ikut lomba menulis. Mengikuti lomba membuat nama dan karya kita dikenal orang.
3. Mengikuti acara atau pelatihan kepenulisan serta bergabung dengan komunitas atau kelompok-kelompok kepenulisan.
4. Rajin datang ke pameran buku karena biasanya beberapa penerbit menyediakan coaching clinic sehingga penulis bisa berkonsultasi agar naskahnya bisa diterbitkan.
5.   Banyak membaca buku dengan berbagai genre sebagai pengetahuan
6. Tidak mudah menyerah dan sabar, karena proses penerbitan buku terutama di penerbit mayor setidaknya bisa memakan waktu tiga bulan atau lebih.

Mbak Nunik Utami

Nah seru banget kan acara ISB Blogger Gathering kali ini? Sebelum acara ditutup peserta berfoto bersama dan mendapat bingkisan dari CNI. Sepanjang acara diadakan pula lomba IG Post, Live Tweet dan IG Story. Saya memenangkan lomba IG Post, ahh rezeki. Alhamdulillah. Semoga saya bisa terpilih di acara-acara seperti ini lagi.

para pemenang IG Post
Peserta ISB Blogger Gathering




You Might Also Like

2 comments

  1. Wuah mba yun senangnya ikut acara ini. Semoga next time aku bisa join

    BalasHapus
  2. Memang seru kalo dapat ilmu baru ya, apalagi dmabil ngumpul bareng teman-teman.

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images