Mencicipi Korean Smokey Snack di Pasar Malam Purwakarta

23.19


Seringnya saya bercerita tentang Purwakarta kepada Mba Nunik dan Mbak Dewi memuat mereka penasaran dan meminta diajak trip ke kota kecil nan cantik itu. Kami bertiga kumpul di Stasiun Tanjung Priok tepat lima belas menit sebelum kereta berangkat.



Tiba di Purwakarta
Matahari telah tinggi saat kami tiba di stasiun Purwakarta. Perut yang mulai keruyukan membuat kami segera menuju warung sate maranggi dekat pintu keluar stasiun. Dua puluh tusuk sate, semangkuk sop iga, dua nasi timbel serta tiga gelas es jeruk menemani makan siang kami.





Setelah kenyang kami pun berkeliling mencari penginapan dan memutuskan menginap di hotel Sederhana yang terletak di gang kecil di samping kantor PLN. Hotel yang sesederhana namanya ini bertarif tiga ratus ribu rupiah semalam dan bisa memuat tiga orang. Kasur serta kamar mandinya cukup bersih hingga membuat kami betah berlama-lama dan baru keluar sore harinya.


Hotel Sederhana
Aduh, Tak Ada Pertunjukan Air Mancur Sribaduga
Sore hari kami habiskan dengan bermain di Alun-alun Purwakarta yang memiliki beberapa taman kecil. Usai maghrib di Masjid dekat Alun-alun kami segera menuju lokasi pertunjukan air mancur Sribaduga. Suasana malam minggu di Purwakarta memang meriah karena adanya pertunjukan spektakuler air mancur menari Sribaduga. Mbak Nunik dan Mba Dewi yang memang belum pernah menyaksikan pertunjukan itu tentunya semangat sekali.





Biasanya pukul setengah tujuh malam, kursi-kursi yang melingkari arena air mancur sudah dipenuhi pengunjung, namun tidak malam ini. Crap, ternyata malam ini pertunjukan ditiadakan karena debit air yang ada di kolam sangat kurang. Saya jadi tak enak hati pada Mbak Nunik dan Mbak Dewi.

Serunya kuliner malam di Purwakarta
Setiap malam minggu, sepanjang jalan alun-alun, melewati jalan depan stasiun hingga jalan protokol Purwakarta akan ditutup untuk kuliner malam. Aneka makanan tersedia di sana, sepertinya enak semua. Ada nasi tutug oncom, sate maranggi, seblak dan aneka snack kekinian lainnya.

Demi menghibur diri akibat batal nonton air mancur, kami pun berjalan-jalan menikmati aroma masakan yang nikmat semua. Higga akhirnya kami berhenti di sebuah tenda yang menjual makanan aneh, unik dan tak biasa. Semangkuk kecil snack berwarna kesukaan saya (iya, hijau) diberi tambahan kental manis kemudian disemprot gas yang seperti nitrogen cair dan disajikan berasap-asap.

Saya melihat orang-orang mondar-mandir membawa snack itu. Wah, kami jadi penasaran melihat orang yang makan dan mengeluarkan asap dari mulutnya. Harga semangkuknya cukup mahal, ukuran kecil dua puluh lima ribu sedangkan yang besar tiga puluh lima ribu. Untuk membelinya pun kami harus bersabar mengantri. Tenda yang berlatar hitam itu dipenuhi dengan beberapa tabung nitrogen cair.



Akhirnya kami dapat juga mangkuk snack itu. Awalnya saya kira snack hijau dan coklat itu bertekstur lembut seperti hati, eh kue bolu maksudnya, ternyata keras hiiks. Lalu kental manis yang dituangkan di atasnya pun membeku. Efek asapnya pun keluar dengan heboh dan banyak, tangan yang memegang dasar mangkuk pun jadi kebas dan beku.



Rasa dingin dan seperti ada bintik-bintik kecil yang menyentil lidah memberikan sensasi aneh. Asap dingin nitrogen cair membuat saya senang mendekatkan wajah ke asapnya, terasa sejuk dan segar saja gitu, hehehhee. Snack yang bernama Pong Pong Korean Smokey Snack ini memang lucu meski agak mahal. Seperti Namanya, bisa ditebak camilan lucu ini pasti berasal dari negeri ginseng sana.



Buat saya sih, cukup untuk mencoba dan merasakan sensasinya saja. Karena harganya cukup mahal dan rasanya biasa saja, sebaiknya cukup sekali saja beli hehhehe. Penasaran mau coba Pong Pong Korean Smokey Snack? Sepertinya tidak perlu jauh-jauh ke Purwakarta seperti kami bertiga, di beberapa mall besar di Jakarta camilan ini mudah ditemukan. Selamat mencoba dan merasakan sensasinya.

You Might Also Like

21 comments

  1. Apa pun yang berbau Korea tuh jaminan laku ya, sekarang. ��

    BalasHapus
  2. Merasa bersyukur dah pernah ngerasain sate maranggi yang di purwakarta.. enak ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak sekali Kak, apalagi kalau makannya sama dia #ehhh

      Hapus
  3. Sedih ya kak Yun, udah ngajak orang buat ke air mancur eh air mancurnya gak jalan...

    BalasHapus
  4. Semua rasa kecewa karena gagal nonton air mancur kayaknya kebayar dari kuliner malam, kapan-kapan lagi yuk Ka gw beloman pernah lihat air mancur sri baduga secara langsung.

    Baca Juga artikel saya di Abang Dayu (dot) Com :

    - Blogger Milenial
    - Blogger Resolution 2019
    - Tomorrow Today Fund Festival

    Best Regards,
    Abang Dayu

    BalasHapus
  5. Hemm ... kalau Pong Pong Korean Smokey Snack rasanya biasa saja. Saya urung mencoba, ah. Hilang juga penasaran saya ke mal di Jakarta untuk icip icip snack dari Korea tersebut.

    BalasHapus
  6. Enggak nyangka ternyata Smokey Korean Snack itu dalamnya chiki2an wkwkwk. Yang penting udah oernah cobain ya, Kak. Hehe.. Btw makasih udah jadi CP mini trip ke Purwakarta. Meskipun belum bisa nonton air mancur menari, tapi udah puas lah makan sate maranggi ampe 4 kali, hahaha...

    BalasHapus
  7. Snack yang unik dan aneh ya hahaha... Kenapa gak dinamai ice atau apa gitu.

    BalasHapus
  8. Oh, jadi ini namanya Pong Pong Korean Smokey snack. Sering lihat dulu, ada di alun2 Dumai. Pas penyajiannya berasap gitu, tapi dingin...Hahaha..Terima kasih infonya

    BalasHapus
  9. wah kayanya seru ya makan ada asepnya gitu. harganya mayan mahal ya utk snack kecil gt

    BalasHapus
  10. Ada rencana ke Purwakarta tapi gagal terus. Kalau mau cek jadwal pagelaran air mancur bisa ga sih? Soalnya itu yang palingan menarik.

    BalasHapus
  11. Aku kalap kalau ketemu sate maranggi, best sate ever-lah pokoknya

    BalasHapus
  12. Pernah ke Purwakarta tapi belum pernah juga nih ke air mancurnya waktu itu cuma ke tempat temen karna ada acara nikahan dan ga sempet kemana2 karna sendiri gada temen, baca cerita ka Yun jadi pengen ke Purwakarta lagi dehh hehe

    BalasHapus
  13. Mupeng ke Purwakarta baca cerita Kak Yunita
    Iya, jajanan korean smokey snack ini ada di mal di Jakarta, tapi harganya 2 kali lipatnya loh..
    Biasa aja sih memang rasanya ya..hahaha. Tapi sensasi asapnya memang bikin penasaran

    BalasHapus
  14. "Ini tu,cuma ciki-cikian, bukan es krim." Kata mba Nunik.
    Bener tuh kata mba Nunik, mba Yun. Keliatan biasa aja dan mahal hehe

    BalasHapus
  15. Korea merambah kemana mana ya..pingin ke Purwakarta, penasaran dengan atraksi air mancurnya

    BalasHapus
  16. Oh ternyata kalo snack pakai nitrogen gitu berasa dinginnya ampe ke mulut ya kak? Kirain dinginnya yang cuma di mangkok doang..
    Padahal air mancur nya tuh nilai jual banget ya kak yun eh malah di PHPin

    BalasHapus
  17. Kapan gw diajak jalan2 ke Purwakarta kak yun? Hehehe

    pingin nyobain kulinernya, btw harganya gimna tuh? Masih terjangkau kah utk anak kontrkn seperti gw ini

    BalasHapus
  18. Jadi pengen cicipi korean smokey snack di Pasar Malam Purwakarta juga. Bukan karena pengen snacknya, tapi pengen juga jalan bareng Miss Yun, Kak Nunik, dan Mba Dewi, hehe.

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images