Wisata Nostalgia Cinta 90-an ala Dilan di bandung

22.46


Tanggal 24 Februari kemarin dinyatakan sebagai hari Dilan bahkan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat pun hadir dan turut meresmikan Dilan Corner. Acara peresmian sekaligus premier film Dilan di Bandung cukup meriah. Kisah cinta remaja 90-an yang ditulis sangat apik oleh ayah Pidi Baiq ini memang begitu booming semenjak diangkat ke layar lebar tahun lalu.


Berlatarkan romantisme kota kembang, Bandung kisah cinta Dilan dan kekasihnya Milea ini memang patut disimak. Jalan-jalan dan tempat yang dijadikan lokasi shooting film Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang akan tayang perdana tanggal 28 Februari bisa dijadikan wisata alternatif berlibur di Bandung.

Ini dia lokasi shooting Film Dilan yang harus banget dikunjungi. Nikmati suasana cinta remaja yang bikin kamu bernostalgia dan baper. Aku ke sana aja sudah dibuat baper banget, hiks.

SMAN 20 Bandung
Berlokasi di Cihapit, sekolah yang merupakan cagar budaya karena gedungnya merupakan gedung peninggalan Belanda ini masih sangat bagus sesuai aslinya meski bangunan modern pun cukup megah di sekelilingnya.





Membayangkan keseruan Dilan dan Milea di sekolahnya tentu membawa kita juga kembali ke zaman cinta remaja di SMA dulu.



Rumah Dilan
Tak jauh dari SMA 20 ada sebuah komplek perumahan klasik ala Belanda di dekat taman yang berhiaskan patung transformer ala angkot Bandung. Tahukah frasa “melihat rumahmu saja aku sudah senang”? kira-kira begini mungkin rasanya menyambangi rumah Dilan. Rumah besar dan klasik ini begitu teduh dan membuat khayal melayang-layang menyaksikan Dilan keluar dari rumah dengan motor klasiknya.



The Panas Dalam
kafe sekaligus ruang berkesenian milik ayah Pidi Baiq penulis Dilan ini juga menjadi lokasi wajib. Kalau beruntung, kita bisa bertemu ayah di sini, kalaupun tidak kita bisa menikmati aneka menu yang lucu.



Buku menu di kantin iluminasi ini benar-benar sederhana dan lucu. Dicetak seperti buku tulis tipis yang biasa kita pakai saat bersekolah dulu. menu yang ditawarkan pun diberi judul lucu. Ini beberapa contoh menu di kantin Iluminasi:

-      -  nasi goreng jangan ke Jatinangor
-      -  nasi goreng cita-citaku
-       - paket nasi dukdek

Nasi goreng jangan ke Jatinangor hahhah


karena begitu lucu, saya sempat memohon-mohon untuk bawa pulang buku menunya yang pasti ditolak, mungkin orang kantinnya jga bingung sama kelakuan saya. Suasana kantin yang teduh membuat saya betah berlama-lama dan bonusnya saat itu Ayah sedang di tempat.


Trip Based on Book Dilan 1991
Mengamati anemo masyarakat yang cukup meriah pada kisah Dilan baik novel dan filmnya membuat Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta (Kubbu BPJ) mengadakan trip Susur jejak Cinta Dilan dan Milea ke Bandung tanggal 23-24 yang akan datang. Sejalan dengan visi dan misi KUBBU untuk memajukan literasi Indonesia, trip ini ditujukan untuk pencinta buku sekaligus film Dilan juga untuk yang ingin bernostalgia.




Trip ini akan menyusuri kisah remaja yang tengah hits ini di SMA 20 Bandung, Rumah Dilan dan The Panas dalam. Tak hanya makan siang di kantin iluminasi, di sini juga peserta akan diajak diskusi santai tentang menulis bersama novelis kembar Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki.


Bonusnya lagi di trip ini juga peserta akan diajak mengunjungi kawasan super romantis saat senja yaitu kawasan Braga Bandung. Jangan lewatkan berfoto, ngopi atau menikmati makanan Belanda di kawasan Braga.


Esok paginya peserta trip akan diajak berburu buku di pasar buku palasari. Kemudian trip akan berlanjut ke Museum Geologi Bandung dan mampir sebentar di Cihampelas sebelum kembali ke Jakarta.


Asyik kan tripnya? jika tertarik silakan hubungi nara hubung berikut dan pastikan kamu tak ketinggalan trip ini ya.



Baca juga:
Kawasan Braga Bandung klasik nan memukau
Main ke Museum Geologi Bandung

You Might Also Like

11 comments

  1. Wah, seru banget udh spoiler latar Film Dilan. Jd pengen ke Bandung juga liat langsung lokasi syutingnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Kak, wisata alternatif nih daripada ke Bandung cuma ke situ2 doang

      Hapus
  2. menarik sekali, nanti baper gak ya kalau ikut trip mengenang Dilan ini
    pas baca novel dilan tuh aku sempet kepoin dilan dan milea sebenarnya loh, saking bapernya maksimaaaal

    BalasHapus
  3. Besoook.. ah aku mau nonton hehe.
    Iya ih lucu2 nama menunya.
    Sekuelnya bakal sebagus novelnya nggak ya, penasaran aja akuuu

    BalasHapus
  4. Gak sabarin nunggu film Dilan 1991,udah baper duluan .. Hehehe

    BalasHapus
  5. Keren ya jelong2x ke bandung mulu nie,, jadi pengen ikut trip tapi dibayar hee

    BalasHapus
  6. Sukses bikin penasaran ikut trip Kubbu ke Bandung ini mah....

    BalasHapus
  7. Msh penasaran smpe sekarang... kira"emg ada gak ya tkh asli si Dilan itu... Apa cm hayalan aja 😮😮 gak sbr ngg flm Dilan yg baru...

    BalasHapus
  8. Hari ini Dilan tayang yeayyyyy! Seru banget ini tripnya. Aku pikir udah lewat, ternyata masih akhir Maret ya. Asik, masih punya waktu buat nabung.

    BalasHapus
  9. Tripnya pakai seram SMA nggak kak :)

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images