Surga Bagi Pencinta Jumputan, Qlapa Tempatnya

21.47



Berawal Saat Remaja
Saat masih SMA dulu saya pernah membuat prakarya dari sebuah kain putih yang diikat di beberapa sisi, kemudian dicelup ke cairan pewarna. Setelah dicelup kemudian dikeringkan. Hasil akhirnya terlihat menarik, sisa bahan putih yang tadinya terikat seperti bias sinar matahari. Saya terpikat sekali dengan motif dan hasil akhirnya. Namun sayang kain hasil praktik itu tidak disimpan dengan baik dan kini entah dimana.


sumber foto: fitinline.com
Awal bekerja menjadi guru di sebuah sekolah dasar swasta, saya menemani siswa karyawisata ke Museum Tekstil. Saat itulah saya mengenal batik motif jumputan. Ternyata apa yang saya praktikkan ketika SMA dulu adalah cara membuat motif jumputan.


Museum Tekstil Jakarta
sumber foto: www.wirasel.com
Pelatihan membatik Museum Tekstil

Mengenal Batik Jumputan
Batik jumputan adalah jenis batik yang dikerjakan dengan teknik ikat celup untuk menciptakan gradasi warna yang menarik. Sejarahnya, teknik jumputan yang berasal dari Tiongkok dibawa oleh para saudagar India. Di Indonesia, batik jumputan biasa diproduksi oleh beberapa daerah tertentu seperti Yogyakarta, Solo, Palembang, Pekalongan, dan Bali di mana masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri pada motifnya.

kain jumputan Bali
sumber foto: luhurbusana.com
Motif Jumputan dikenal sebagai tie dye di negara lain juga dikenal sebagai shibori di Jepang. Teknik pembuatannya sama, namun beberapa jumputan daerah Indonesia punya ciri khas tersendiri, baik dari warna maupun motif.

Aneka motif tie dye
sumber foto: www.mycraftilyeverafter.com
Motif Shibori  Jepang
sumber foto: www.honestlywtf.com
Sejak saat itu saya jatuh cinta dengan motif batik jumputan. Koleksi saya cukup banyak dari T-shirt, kemeja batik, kebaya, daster, hijab, pashmina hingga seprai. Semua benda tersebut saya beli ketika jalan-jalan ke Cirebon dan Jogja.

T-shirt motif jumputan 

hijab motif jumputan

hijab motif jumputan biru
Ingin sekali saya menambah koleksi jumputan saya, terlebih lagi di sekolah tempat saya bekerja mewajibkan kami memakai batik setiap hari kamis. Tentu saya ingin tampil dengan batik jumputan yang berbeda tiap hari kamis.

Kebaya kutubaru motif jumputan

daster dan celana bermotif jumputan

Meski mengaku backpacker a.k.a traveler, akhir-akhir ini saya jarang sekali jalan-jalan terutama ke Cirebon dan Jogja sebagai sentra batik. Saya pun belum melengkapi koleksi saya dengan motif jumputan khas Palembang dan Bali. Saya juga belum berencana ke Palembang dan Bali dalam waktu dekat padahal saya sudah sangat jatuh cinta pada warna cerah jumputan Palembang dan jumputan Bali. Rasanya nyesek cuma bisa lihat gambarnya di blog-blog orang, seperti rasa rindu yang begitu tertahan dan ingin segera bertemu. Hehehehe …

Belum lama ini saat saya sedang membuat soal untuk tes siswa yang bertema kebudayaan Indonesia, saya ingin mencari artikel tentang batik dan salah satu hasil dari mesin pencari mengarahkan saya ke sebuah website unik yaitu Qlapa.com. Setelah ditelusuri, saya pun bersorak dalam hati (saya tidak berani bersorak kencang takut ruang guru jadi heboh) ini dia jawaban kerinduan saya untuk menambah koleksi jumputan. 


website Qlapa.com
Qlapa.com seolah menjadi rumah produk buatan anak Indonesia. Semua jenis aksesori, baju dan apapun yang berupa karya handmade Indonesia ada di sini. Semunya di-display dengan menarik lengkap dengan keterangan yang jelas memudahkan pembeli mencari produk handmade unik. Semua barang-barang yang dijual di Qlapa.com merupakan produk pilihan, bernilai dan bermutu tinggi serta telah dikurasi.

Saya pun segera mengunduh aplikasi Qlapa di ponsel agar lebih mudah diakses hingga tanpa disadari selama seharian saya menghabiskan waktu melihat kecantikan motif jumputan Palembang dan motif jumputan Bali yang ada di Qlapa.com. Koleksinya cukup lengkap tak hanya baju tapi ada tas dan juga sepatu bahkan aksesori pun tersedia. Benar-benar surga bagi saya si pencinta motif jumputan.


lucunya halaman awal apps Qlapa
Harga yang ditawarkan di Qlapa.com pun masih rasional dan tidak menguras kantong. Saya sibuk memilih aneka produk jumputan yang saya suka. Sepertinya koleksi saya akan bertambah lagi nih. Senangnya motif jumputan koleksi bertambah tanpa perlu pergi jauh, cukup klik klik dan tunggu barang pesanan sampai di rumah.

aneka koleksi motif jumputan, dari tas hingga scarf

aneka koleksi jumputan di Qlapa
Hmmm … hari kamis besok pakai baju jumputan dan tas sepertinya akan membuat penampilan saya makin keren deh. Maaf, jangan hubungi saya dulu ya, saya sedang sibuk pilih-pilih aneka produk bermotif jumputan di Qlapa.com ^_^

You Might Also Like

15 comments

  1. Menurut saya, jumputan juga punya corak yang beda banget dengan batik lainnya. Unik, deh! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, aku suka motif dan warna jumputan yg lembut

      Hapus
  2. Keren nih Mba QLAPA, salah satu online shop yang bisa memajukan produk lokal dan unik. Apalagi harganya bersahabat sama anak kuliahan wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, filternya bisa kita pakai untuk liat harga termurah dan memang bersahabat sma kantong kita ya Day

      Hapus
  3. Sudah pernah coba buat diy jumputannya Kak Yun ? Gampang loh buatnya , cuma celup-celup cat aja 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu SMA, pengen bikin lagi sih. Nanti pas libur sekolah deh ya

      Hapus
  4. wahh batiknya catink-cantik amat yaa..
    dengan qlapa jadi lebih mudah ya cari batik berbagai motif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, pilihannya banyak, aku aja sampai bingung pilihnya hehehhe

      Hapus
  5. Jumputam...batik dengan cara diikat, dicelup, sy suka meihat di kampung sasirangan di banjarmasin, sama ngejumput juga sih..beda nama doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada lagi ya motif Sasirangan, selama ini taunya jumputan Pekalongan, Jogja, Palembang dan Bali

      Hapus
  6. Wah inget dulu pernah celup-celup kaos dikaretin supaya dapat motif seperti ini. Seru ya liat hasilnya .sekarang sih praktis Ada qlapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget, tapi kalau ga ada waktu untuk buat sendiri ya saya pilih yang praktis aja Bang hehehhe

      Hapus
  7. Banyak sekali teknik membuat batik di nusantara ini yang salah satunya adalah teknik jumputan. Namun apapun tekniknya bisa dipastikan batik batiknya cantik, ya Mbak Yun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Evi, semua batik nusantara punya ciri khas dan cara pembuatan unik, kalau aku sukanya ya jumputan ini

      Hapus
  8. Ternyata motif jumputannya macam-macam ya. Semuanya tetap cakep-cakep.

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images