Setitik Kuliner Kekinian, Rusak Diet Sebelanga

22.13


Libur telah usai,  saatnya kembali ke dunia nyata. Bekerja sebagai guru yang setiap hari menghadapi anak remaja,  membuat saya tahu hal-hal yang sedang hits atau viral. Tahunya ya dari murid-murid saya pastinya.


Tak hanya lagu yang sedang hits, aneka kuliner kekinian pun saya tahu dari murid saya. Kami pun bisa bersama mencoba kuliner hits bersama sepulang sekolah. Sebut saja sate taichan, es kepal dan aneka indomie kekinian yang saya coba bersama mereka di daerah Sunter yang memang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta Utara.


Kebetulan sekali di kelompok Colab blog Siti Nurbaya, Mak Suciati Christina, pemilik blog www.cigrey.com menulis tentang kuliner hits di web Kumpulan Emak Blogger (KEB). Tulisannya yang bertajuk "Kuliner Kekinian yang Hits, Berani Coba?"

Sebagai single could mingle everywhere, bisa dibilang saya ini risktaker dan pemberani. Namun keberanian saya ini hanya dalam hal makanan saja sih, kalau nonton film horor wihh boro-boro. Sehingga tiap muncul makanan baru saya pasti mencoba. 

Pernah dengar peribahasa karena nila setitik rusak susu sebelanga? Seperti itulah kira-kira makanan hits ini merusak diet saya ahahhahaa.  Ini dia barisan kuliner hits yang telah saya coba dan menghancur leburkan diet, oh ya cuma mau cerita saya itu awalnya ketoer (ketoer itu apa bisa baca di sini) namun sepulang umroh keto lifestyle itu agak berantakan hingga hari ini (sebenarnya ini semacam ngeles saja hehhe).

Es Kopi Susu dari Kopi Tuku
Kedai kopi kecil di bilangan Jakarta Selatan ini mendadak  hits karena kedatangan Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Kopinya biasa saja, dijual seharga Rp 18.000. Es kopi susu seperti Kopi Tuku ini kini banyak dijual di beberapa kedai kopi lain dengan harga yang sama.



Mie Instant kekinian ala Kafe
Mie Instant bagi orang Indonesia sudah seperti makanan pokok saja. Bermunculannya kafe seperti Whatsup dan Upnormal  menjadi pelopor olahan mie instant dalam bentuk lebih modern. Kita juga bisa menemukan mie instant yang diberi nama lucu misalnya indomie cibi-cibi dan sebagainya.

menu indomie di Upnormal Cafe
sumber foto dari sini

Sate Taichan
Semua pasti setuju kawasan Senayan adalah pusat makan sate taichan. Sate ayam yang disajikan bersama sambal ini memang enak disantap malam hari, sambil kumpul dan ngobrol bareng teman-teman. Varian sate taichan pun makin lengkap dengan hadirnya sate taichan dengan keju mozzarella yang meleleh sedap.


Korean Food
Merebaknya tayangan drama Korea yang tengah digandrungi remaja dan bahkan ibu-ibu membuat kulinernya pun terangkat. Kita dibuat penasaran pada makanan yang mereka santap dalam adegan drama. Perhatikan saja di beberapa pusat perbelanjaan hingga minimarket, makanan Korea mulai terlihat. Dari odeng, Toppoki hingga bulgogi di restoran.

toppoki
sumber foto: www.sidomi.com

Oleh-oleh Kekinian dari Sang Artis
Kalau dibuat daftar mungkin sudah lebih dari sepuluh artis yang punya bisnis kue di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Meski tampilan kue-nya modern, namun tagline yang dipasang adalah oleh-oleh khas kota itu. Sebut saja Apel struddle Malang milik Teuku Wisnu, Bogor Rain Cake milik Shereen Sungkar dan si teteh cantik Laudya Cintya Bella dengan Makuta Bandung. Semua sudah saya coba, namun tak ada rasa daerah yang diwakili kue-kue itu hadir.

kue oleh-oleh Bandung milik Teteh cantik
sumber foto: www.tokopedia.com
Es Kepal Milo
Kantin sekolah tempat saya bekerja termasuk cepat beradaptasi dengan kuliner kekinian. Es kepal Milo pun sudah tersedia di kantin saat sedang tenar-tenarnya. Penasaran, saya pun mencoba, ternyata rasanya seperti es serut yang dicetak dan dipadatkan dalam batok kelapa seperti saya kecil dulu. Bedanya es serut zaman dulu disiram sirup yang entah bermerk apa, sementara es kepal Milo ini dibanjuri Milo yang kental dan super manis.

Es Kepal Milo kantin Jubilee School
Ayam Terluka Parah
Sudah digeprek, dipenyet bahkan digebrak, ayam goreng ini tetap dicari penggemarnya. Antrian di depan penjual ayam-ayam yang berbalur sambal lezat ini masih belum surut hingga sekarang.

sumber foto: www.hargamenu.net

Donat Indomie
Ini dia yang sedang tenar saat ini. Umumnya kita mengenal donat yang manis, tapi kini donat terbuat dari indomie goreng berbalut tepung panir pun hadir dan disambut meriah. Di dekat rumah ada penjualnya. Ada yang berukuran kecil, dijual seporsi isi tiga seharga Rp. 15.000. Donat indomie berukuran besar isi satu dijual seharga Rp. 12.000.

sumber foto: www.lifestyle.sindonews.com
Kira-kira masih ada lagikah kuliner hits yang belum saya coba? sepertinya sudah semua ya. Atau kalau ada yang tahu makanan hits lainnya, mari kita kulineran bareng. Tapi jangan minta traktir yaa, duhh tanggal seret ini hehheheheh.

Baca Juga:

You Might Also Like

50 comments

  1. Aku juga termasuk orang yang suka penasaran sama menu-menu baru makanan.
    ga cuma beli-beli doang, tapi juga mencari tahu gimana cara buatnya.
    Walaupun ga ada yang berhasil wkwk.

    Beruntung banget kamu kak makan segitu bisa gemuk, aku kalo makan mukbang bareng ria ricis juga ga bakal gemuk-gemuk huhu. kenapa ya ?

    Minta sebagian daging di tubuhmu dong kak heuheu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa yang kurus pengen gemuk, yang gemuk pengen kurus. Andai bisa kusumbang lemak2 di badan ini

      Hapus
  2. Paling suka kalo ngomongin korean food, wkwk ada bibimbap, jjanmyon :D
    pernah nyoba bikin dan ternyata enak, wkwkwk
    dan ini bukan setitik sih menurut gue, tapi seabreg

    BalasHapus
  3. Halo Mbak Yunita!
    Sepertinya ini kali pertama aku kesini dan semoga seterusnya bisa main kesini lagi ya. Gimana ndak? habis keren ikut komunitas banyak dan begitu pun penghargaan dari menulisnya, warbiyasah! Hettt jadi salah fokus komentarnya kemana-mana.

    Dari sekian banyak makanan di atas, aku belum pernah coba korean food, es kepal milo dan donat mie (padahal ini dua lagi viral-viralnya yaamplop :( wkwkwk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, salam kenal ya, nnti saya main2 juga ke blognya

      Hapus
  4. Es Kepal Milo kayaknya yang paling merusak diet. Kebayang kalorinya kayak gimana hahahaha. Dari beberapa makanan kuliner di artikel ini, sate taichan yang paling saya suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa Mba, itu es kepal ya, saya nyoba sekali manis banget abis itu ga mau lagi

      Hapus
  5. Aku tahu tuh sama blog cigrey, belum pernah ketemu sih tapi sering main ke blognya :)

    Biasanya kalau udah kedatangan pak presiden jadi rame, seperti halnya tempat potong rambut. Duh itu lihat makanannya, mupeng yakin jadi pengen. Yang diet gagal ya itu..hehe

    Kuliner gini nih yang kekinian, terlebih belum pernah icip. Selain pengen pasti penasaran, sekali icip enak aja. Dah tuh bisa aja nambah. Gagal deh dietnya..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gagal gara2 pengen nyoba. Tapi sehari dua hari ini lagi kembali ke jalan yg benar

      Hapus
  6. wah update banget haha aku malah sebagian besar belum nyobain, meski kekinian tp kalo itu diluar yg biasa malas aku nyobainnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tau nanti dibawain suami ya Mb, jadi bisa cobain kuliner hits

      Hapus
  7. Sebab niat coba-coba setitik, kukebablasan makan dua porsi. Diet hanya sekedar ilusi. Itulah kisahku.

    Favorit Miss Yun dari makanan di atas yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling suka toppoki Kak, serasa makan sama oppa Korea

      Hapus
  8. Wkwkwk Kak Yuunnn eling kaaakk. Itu banyak banget dan benih-benih lemak semua isinyaaaa 😂😂

    Ngomong-ngomong soal oleh-oleh makanan artis, aku juga ga ngerasain ada rasa-rasa khas daerahnya kak. Aku awalnya ngira mungkin lidahku doank yang nilai gitu. Ehh ternyata Kak Yun jugaa mikirnya gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang itu kue modern semua ya, ga ngerti di mana unsur kedaerahannya

      Hapus
  9. Ayam terluka parah 🤣🤣
    Kirain ayam apaan, ternyata ayam dengan segala lukanya baik dipenyet, dibenyek, digebrak, dll.

    Karena bukan termasuk orang yg hobi nyicip kuliner hits jadi cukup jd pengamat saja ah. 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi selalu dapet acara makan gratis yee, sumpah saya iri

      Hapus
  10. Apa kabar es kepal milo? Kayaknya sekarang udah mulai terlupakan, pernah kmaren nyobain dan udah, rasanya biasa aja hehe, kadang emang kepinginan makanan yang lgi rame diomongin orang bisa gede banget, eh pas udah nyoba ternyata gitu doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih hits sih, tapi saya ga mau lagi. Manis banget kaya senyumnya #ehh manis banget bikin pusing

      Hapus
  11. Kalau saya malah kebalikannya, mbak. Penakut soal makanan. paling ogah disuruh coba makanan-makanan baru. kalau sudah cocok di satu tempat, ya tiap makan disitu menunya itu-itu aja. Nggak kreatif blas hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh begitu ya Mba, tapi apa ga kepengen cobain gitu?

      Hapus
  12. Aku penasaran sama Sate Taichan itu. Kok ya bisa hits banget tapi aku belum pernah makan. Cek di go food harganya subhanallah. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kapan ke Jakarta Kak? Nanti kuajak makan sate taichan dijamin ga mahal. Ingat ajak tidak sama dengan traktir yaa ahhhaha

      Hapus
  13. adaaa cilok belum dicoba kan?hehehe apalagi martabak manis yg cloningan markobar juga makin bertebaran di pinggir jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku kuliah di Bandung Kak, kota asal cilok. Segala varian, isi, bentuk dan saos cilok di Bandung dah coba semua. Cilok Jakarta ga seenak di Bandung

      Hapus
  14. Nyam nyam nyam, kalau di ibu kota mah mau makan makanan ngehits apapun juga pasti ada ya sis, tapi sayangnya kemarin pas tinggal di Cibubur belum nyobain warung Upnormal yang berdiri megah dan ngehits abis di samping jalan situ. Es Kepal Milo juga belum nyoba karena lagi hamil dan takut kegemukan. Hehehe...Nanti kalau ke Jakarta lagi wajib dicobainlah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Kak, nanti janjian sama aku. Kita kulineran bareng yaa

      Hapus
  15. Salam kenal. Saya juga tipe yang susah banget turunin berat badan... dan gampang banget tergoda buat jajan, apalagi kalau sudah diajak suami dan anak. Yang paling favorit dari daftar di atas adalah ayam geprek... mantap sekali dimakan panas2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Kak. Emang ayam geprek nih enak banget apalagi ditambah sambal wiiw mantap

      Hapus
  16. Untungkang saya bisa menahan diri. Dari beberapa yang disebutkan diatas, belum satupun saya coba, meski beberapa nama sudah tidak asing ditelinga. Hmm, dunia ini, fana sekali.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat Kak, saya pun maunya menahan diri. Apa daya saya gak kuat

      Hapus
  17. sate taichannya kok burem sh kak?? btw itu desaign blog emang gtu ya?? ujung kiri di rapihin mba yun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, biar kaya di serial kriminal di TV itu loh diburem2in yang pelakunya digelapin plus suara cempreng heheheh.
      Euum bolehh laah Kakak blohher hits ini dandani blog saya. Ini oprekan sendiri loh, sebagai orang gaptek, segini aja kayanya dah gimana gituu

      Hapus
  18. Duh, aku belum tertarik sama sekali dengan es kepal, entahlah. Kok rasanya kurang seger es tanpa kuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastii doyanyanya es sinar garut yaa? Kuahnya buanyaak. Btw keto Maaas Ketoo

      Hapus
  19. Emang makanan di atas bisa merusak diet ya kak? Wkwk

    Soalnya gue gak pernah milih2 makan plus makan yg model begituan. Nyatanya setiap nimbang berat bada selalu stabil. Wkwk.. padahal pengen gemuk... Sedikit. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa Kak, apalagi kalau makannya ga kira2 hehhehe

      Hapus
  20. padahal udah makan mie ayam tapi liat sate taican jadi laper lagii..

    sering deh mampir kesini biar kenyang.

    BalasHapus
  21. Keren euy mbak Yun, mengikuti trend kuliner kekinian. Kalau ada menu vegetarian kekinian...info2 ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee taunya juga dari anak-anak teh. Kayanya di GI, di Sunter juga ada resto vege. Aku pernah cobain

      Hapus
  22. Indomie emang ga ada matinya, hahaha... Bisa dibuat jadi beraneka macam produk turunan, padahal direbus/digoreng begitu aja juga udah enak. Eh, enaknya gara2 micin-nya sih ya.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhhaa bener banget, sampe dulu temen sekantorku orang Filipina tiap mudik bawa indomie berkardus2 buat oleh2 dikasih ke keluarganya pada seneng

      Hapus
  23. Kalo lihat drama korea pas adegan makan tuh emang menggugah selera banget, rasanya langsung pengin ikutan makan juga. Mungkin atas dasar itu juga di sini jadi banyak makanan korea, berharap pelanggan akan makan selahap artis korea di filmnya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, semua makanan Korea di sini laku keras

      Hapus
  24. hai maks, maaf baru datang #angkatkoper hihi
    kopi tuku jadi heits bangeeeet ya. Dan kuliner ayam terluka parah hahaaa..
    aku nunggu indomie rasa telor asin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi tuku jadi hits dan banyak yg ngikutin konsepnya. Wah ada ya indomie telur asin?

      Hapus
  25. Aaaak aku belum pernah kopi tuku. Sampe banyak yang bikin resep ala ala, trus aku praktekkin sendiri saking penasarannya gitu Mak. Jadi walaupun diluar banyak yang nyamain kopi tuku, aku ngga tahu rasa sebenernya kopi tuku. Kapan-kapan kalau ke jakarta mesti coba berarti ya Mak hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kopi susu biasa aja tapi dijual dalam kemasan kece dan murah Mba, jadi presiden datang semacam dukungan ke industri kreatif anak muda

      Hapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images