Semarak Pesona Lampung Krakatau Festival 2019

14.35

Pembukaan Lampung Krakatau Festival 2019 yang Meriah

Lapangan Saburai Bandar Lampung berhiaskan tenda-tenda putih dan sebuah panggung besar berada di depannya. Harum aroma masakan begitu menggugah selera siapa saja untuk menghampiri. Semakin malam suasana lapangan Saburai semakin ramai dipenuhi pengunjung. Malam ini Lampung Krakatau Festival 2019 akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Lampung bapak Arinal Djunaidi.


Dengan jargon “Lampung, The Treasure of Sumatra,” festival tahunan yang sudah digelar selama 29 tahun ini telah menjadi ikon pariwisata Lampung yang selalu dinantikan. Tepat pukul delapan malam, Gubernur Lampung maju ke panggung utama. “Tabik pun” kata beliau saat tiba di panggung dan dijawab dengan kompak oleh pengunjung.

Diiringi musik tradisional khas Lampung maka Lampung Krakatau Festival 2019 resmi dibuka.Tak hanya menampilkan kesenian daerah, namun kaum mlenial pun juga dimanjakan oleh panitia penyelenggara Lampung Krakatau Festival dengan menghadirkan Kikan yang membawakan lagu-lagu nasional serta lagu pop yang pernah ia populerkan bersama band Cokelat dulu.

Pembukaan Lampung Krakatau Festival 2019

Trip Krakatau yang Ditunggu

Pukul enam pagi lapangan PKOR Halim sudah dipenuhi peserta trip Krakatau. Saya berangkat bersama teman-teman dari Badan Pengubung Provinsi Lampung di Jakarta untuk mengikuti Trip Krakatau. Setiap peserta sudah dikelompokkan dan diberikan nomor bus. Bus Trans Lampung sudah siap berbaris untuk mengantarkan para peserta menuju dermaga executive Bakauheni. Saya sudah sangat bersemangat, maklum saja ini pertama kali saya menginjakkan kaki di Sang Bumi Ruwa Jurai.


Tiket Trip Krakatau 2019 
Dermaga Executive Bakauheni begitu mewah selayaknya bandara internasional. Segala fasilitasnya pun bagus, bersih dan sangat terawat. Para peserta didata kembali kemudian diberi snack pagi sebelum diberangkatkan.


Banner Trip Krakatau di Dermaga Executive Bakauheni


Akhirnya tiba waktunya peserta diperbolehkan masuk kapal. Ini pertama kalinya saya naik kapal fery executive. Dua petugas telah ditempatkan di pintu kapal dan menyambut peserta. Memasuki kapal, terdengar alunan musik yang ditampilkan secara live di kapal. Saya pun berkeliling untuk melihat.

petugas menyambut peserta trip Krakatau 2019
Berbeda dengan kapal fery yang saya tumpangi dari Merak ke Bakauheni, fery executive ini memang memanjakan penumpangnya. Area duduk yang luas dan dilengkapi air conditioner juga terdapat kantin dan tentu saja toilet yang bersih. Sementara itu di executive lounge sedang diadakan pertemuan yang dihadiri oleh para ahli. Wakil gubernur Lampung, Ibu Chusnunia Halim juga ikut hadir di tempat.


Kapal Fery Merak-Bakauheni

kursi-kursi nyaman di dalam kapal

Wakil Gubernur Lampung dalam sesi edukasi Anak Krakatau
Kapal pun mulai mendekati gunung Anak Krakatau yang masih saja aktif menyemburkan asapnya. Kami menikmati pemandangan Anak Krakatau dari dalam kapal, karena tak memungkinkan untuk mendekat apalagi menginjak tanahnya. Anak Krakatau adalah highlights  trip ini. Agar kapal tetap seimbang, peserta pun harus menyesuaikan posisi berdiri. Kapal pun memutari Anak Krakatau agar semua peserta dapat melihat lebih dekat tanpa harus berpindah-pindah posisi.


Anak Krakatau diihat dari kapal
Menjelang berakhirnya trip Krakatau, peserta dihibur dengan penampilan band yang membawakan lagu-lagu hits. Wakil Gubernur Lampung yang biasa dipanggil Mba Nunik pun ikut bernyanyi di depan setelah sesi wawancara dengan awak media dan blogger. Hadiah-hadiah doorprize dibagikan pula sore ini membuat peserta semakin senang.

Menjelang pukul empat sore, kapal kembali merapat ke dermaga executive Bakauheni. Sebelum pulang, peserta masih diberikan snack sore berupa kue-kue kecil yang manis. Peserta kembali menuju bus Trans Lampung yang akan membawa menuju titik awal trip Krakatau yaitu di PKOR Halim. Benar-benar trip yang berkesan.

Meriahnya Kostum Pawai Budaya Lampung Krakatau Festival 2019


Minggu 25 Agustus 2019, Suasana Lapangan Saburai sudah begitu meriah. Para peserta pawai sudah bersiap dengan kostum yang meriah dan juga tata rias yang luar biasa. Mereka berlomba-lomba menjadi penampil terbaik di Pawai Budaya yang akan dimulai pukul dua sore nanti.

peserta pawai budaya dengan kostum fantasi

baju adat Lampung

Menteri Pariwisata telah hadir di lapangan Saburai yang disambut dengan adat dan pemberian kain khas Lampung. Istimewanya, baik Gubernur Lampung dan  Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan dengan diawali dan diakhir sebait pantun. Ini menarik karena pantun merupakan tradisi melayu yang hingga kini masih saja digunakan bahkan oleh kalangan milenial, generasi muda zaman sekarang.

Sambutan dari Menteri Pariwisata Arief  Yahya
Tari-tarian yang merupakan simbolisasi gunung anak Krakatau dan lahirnya pemimpin baru ditampilkan dengan memukau oleh mahasiswa Universitas Lampung. Menteri pariwisata, gubernur beserta wakil gubernur diminta turut menari bersama untuk kemudian berjalan memimpin pawai budaya.

para pejabat publik ikut menari bersama
Rombongan paskibraka, perwakilan dari sekolah hingga perwakilan tiap kabupaten di Lampung berjalan dengan aneka pakaian adat khas Lampung yang terkenal dengan mahkota siger. Diawali dengan rombongan kota metro, disusul kabupaten Mesuji, hingga seluruh kabupaten tampil berjalan di pawai budaya. Tak hanya keunikan perwakilan kabupaten, pawai budaya Lampung Krakatau Festival 2019 juga dimeriahkan dengan aneka kostum fantasi, Perguruan Tinggi hingga komunitas Tionghua. Lampung yang terkenal dengan wilayah konservasi gajah pun menghadirkan hewan bertubuh besar yang baik itu sebagai peserta pawai budaya.

Pawai Budaya dimulai

rombongan kabupaten Pesawaran

Kostum Fantasi
Pengalaman menakjubkan ini membuat saya bertekad untuk hadir lagi di Lampung Krakatau Festival di tahun-tahun yang akan datang. Terima kasih Lampung sudah memberikan kehangatan juga kemeriahan festival yang cantik.

Wonderful Indonesia. Lampung, Treasure of Sumatra.

Lampung Krakatau Festival 2019, tunjukkan pesonamu
Ayo ke Lampung



You Might Also Like

1 comments

  1. Asiknya muter muter gunung anak krakatau, awas pening hihi

    BalasHapus

Blog ini adalah "kelas kecil" Miss Yunita, tempat menikmati kisah sambil minum kopi. Terima kasih sudah berkunjung. Kalau suka boleh komentar, boleh juga di-share. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images